Senin, 01 Jun 2020 12:11 WIB

Potret Nenek 100 Tahun di Surabaya yang Berhasil Sembuh dari Virus Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
Seorang nenek berusia 100 tahun, Kamtim, sembuh dari COVID-19. Nenek asal Dusun Gendong, perbatasan Surabaya dan Gresik ini dinyatakan sembuh usai dirawat selama satu bulan di rumah sakit. Nenek Kamtin disebut pasien tertua di Indonesia yang berhasil sembuh dari COVID-19. (Foto: AFP/JUNI KRISWANTO)
Jakarta -

Seorang nenek bernama Kamtim dari Surabaya, Jawa Timur, dikabarkan jadi pasien tertua yang berhasil sembuh dari virus Corona COVID-19 di Indonesia. Kamtim yang berusia 100 tahun sudah dirawat hampir sebulan di rumah sakit (RS) dan baru-baru ini boleh kembali pulang.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap kesembuhan Katim dapat jadi motivasi untuk pasien lain. Penyakit Corona sering disebut sangat rentan bagi populasi lansia akibat risiko dari penyakit penyerta dan kondisi daya tahan tubuh.

"Ibu Kamtin pasien COVID-19 yang tertua di Indonesia berumur 100 tahun dan sembuh dari COVID-19, Masya Allah," kata Khofifah saat menggelar video conference dengan keluarga Kamtin di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (29/5/2020).

Menantu Kamtin, Siti Aminah, mengatakan sang ibu berhasil sembuh karena sifat disiplinnya. Selama menjalani perawatan Kamtin rutin mengkonsumsi makanan bergizi, meminum vitamin, serta menjaga kebersihan.

Siti menambahkan kondisi ibundanya sangat sehat sepulang dirawat dari RS.

Seorang nenek berusia 100 tahun, Kamtim, sembuh dari COVID-19. Nenek asal Dusun Gendong, perbatasan Surabaya dan Gresik ini dinyatakan sembuh usai dirawat selama satu bulan di rumah sakit.Kamtin dan Siti Aminah. (Foto: AFP/JUNI KRISWANTO)

"Alhamdulillah dalam kondisi sehat, setiap hari kami memberikan vitamin juga makanannya selalu kami jaga. Dan kebetulan ibu kami orangnya disiplin," ungkap Siti.

Cerita kesembuhan Kamtin juga jadi sorotan beberapa media internasional, seperti misalnya South China Morning Post, AFP, dan Al Arabiya.



Simak Video "Hampir 10 Juta Kasus, WHO Soroti Krisis Oksigen untuk Pasien COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)