Senin, 01 Jun 2020 20:00 WIB

Pernah Dibully, Ini Tips Ariel Tatum untuk Mengatasinya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pagi-pagi Ariel Tatum Bikin Semangat nih! Tips atasi bullying dari Ariel Tatum. (Foto: Noel/detikHOT)
Jakarta -

Bullying atau perundungan merupakan tindakan yang dilakukan untuk menyakiti orang lain dalam bentuk kekerasan fisik maupun lisan. Perundungan ini juga bisa dilakukan melalui media sosial yang dikenal sebagai cyberbullying.

Mungkin banyak orang yang pernah mengalami bagaimana rasanya dibully, termasuk artis cantik Ariel Tatum. Saat live Instagram bersama detikcom pada Jumat (29/5/2020) lalu, Ariel menceritakan sedikit pengalamannya pernah dibully.

"Aku tuh dibully dari zaman SMP, gara-gara aku pacarin satu cowok idola remaja Indonesia pada zaman itu. Jadi bener-bener tajem banget tuh mulut ya kan," tutur Ariel.

Ariel menjelaskan bahwa dirinya memang termasuk orang yang tidak terlalu peduli dengan omongan orang lain. Bahkan hal itu diakuinya sudah dilakukan sejak masih kecil. Ariel pun memiliki motto yang bisa memotivasi dirinya untuk tidak menanggapi orang-orang yang membullynya.

"Aku punya motto ini 'kita punya tangan cuma dua, nggak bisa nutup mulut orang satu dunia, jadi kita pake aja untuk nutup kuping sendiri," katanya.

Tak hanya itu, Ariel juga memberikan berbagai tips untuk mengatasi para pembully, sebagai berikut:

1. Mencoba menutup telinga dan tidak mendengarkan omongan orang lain. Meski hal ini sulit untuk dilakukan, Ariel menyarakan untuk terus mengingatkan hal itu ke diri sendiri.

2. Jadi diri sendiri dan tetap menjadi orang yang baik.

3. Jika bully itu terjadi di media sosial, coba block, batasi, atau bahkan report si pembully di akun media sosial yang kamu miliki.

4. Jangan terlalu menanggapi si pembully. Coba untuk hidup lurus dan tidak menghiraukannya.

5. Jika hal-hal di atas tidak memberikan efek juga, kamu bisa melaporkan hal ini ke orang tua atau pihak yang lebih berpengalaman mengatasi masalah bullying ini.



Simak Video "Kata Psikolog Soal Siswi di Sulsel Dilecehkan Beramai-ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)