Selasa, 02 Jun 2020 07:00 WIB

Bokong Pegal Akibat Duduk Terlalu Lama Selama WFH? Begini Cara Mengatasinya

Ayunda Septiani - detikHealth
Business woman drinking coffee to get some energy for working overtime Kelamaan work from home bikin badan pegal-pegal (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Bekerja dari rumah perlahan menjadi new normal atau kenormalan baru bagi sebagian besar orang. Namun hal ini juga berarti membuat Anda duduk di depan komputer atau laptop dalam waktu yang cukup lama.

Duduk terlalu lama bisa membuat bokong pegal atau nyeri. Dalam jangka panjang, terlalu banyak duduk juga bisa membuat Anda berisiko mengalami obesitas.

Dikutip dari Medical Daily, orang obesitas duduk selama rata-rata dua jam lebih lama tiap hari daripada orang dengan berat badan normal.

"Data observasi lebih dari satu juta orang mengungkapkan bahwa semakin Anda kurang gerak, semakin dini Anda akan meninggal," tutur John Abraham, managing director dari RapidPhysiocare.

Hal pertama dan yang paling penting untuk dilakukan untuk mengatasi pegal dan nyeri pada bokong adalah mengubah kebiasaan Anda untuk tidak lebih sedenter.

"Gaya hidup sedenter menyebabkan pegal dan nyeri di area otot bokong dan flexor pinggang saat mereka memanjang dan menegang," jelas Fred Chen dari Physio and Sole Clinic.

Sehingga kita perlu menghindari duduk terlalu lama dalam satu posisi yang sama. Cobalah berjalan dan melakukan peregangan ringan, lanjutnya.

Melakukan olahraga dasar yang berfokus pada punggung dan bokong juga dapat membantu. Para pakar merekomendasikan melakukan pengencangan bokong dan peregangan hamstring sebagai rutinitas.

Tetap memperbanyak aktivitas fisik selama berada di rumah aja juga dapat membantu mengurangi kondisi ini.

Untuk memperbaiki postur Anda juga bisa duduk dengan tegak dan pastikan monitor Anda searah dengan pandangan mata atau sedikit berada di bawah. Sesekali beristirahat untuk berjalan-jalan juga baik untuk mengurangi nyeri dan pegal pada bokong.



Simak Video "Work From Home Bisa Picu Burnout, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)