Selasa, 02 Jun 2020 16:19 WIB

Hadapi New Normal, Ini Protokol Kesehatan Khusus yang Disiapkan Grab

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Grab Foto: dok Grab
Jakarta -

Menghadapi skenario tatanan hidup baru atau new normal usai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan, Grab di Asia Tenggara termasuk Indonesia menyiapkan protokol kesehatan khusus untuk mencegah penyebaran COVID-19 di sektor transportasi yang diberi nama GrabProtect.

Hal ini juga sekaligus menyikapi pelonggaran aksi pembatasan sosial secara bertahap yang dilakukan pemerintah untuk memulai kembali aktivitas perekonomian pasca pandemi COVID-19. Ini dia protokol kesehatan khusus yang disiapkan Grab.

Teknologi deklarasi kesehatan online dan mask selfie

Grab akan meluncurkan dua fitur in-app terbaru, yakni formulir deklarasi kesehatan dan kebersihan online dan fitur pengecekan masker via selfie di seluruh pasar Grab mulai akhir bulan Juni.

Fitur deklarasi kesehatan dan kebersihan online ini akan mengharuskan mitra pengemudi dan pengantaran serta penumpang untuk memastikan mereka tidak menunjukkan gejala COVID-19 dan telah mematuhi langkah-langkah keamanan serta kebersihan yang diperlukan, sebelum mereka mulai mengemudi, mengantarkan pesanan, atau memesan kendaraan.

Mitra pengemudi dan pengantaran juga diminta untuk mengambil selfie dengan menggunakan masker pada fitur mask selfie (pengecekan masker via selfie) setelah melengkapi formulir deklarasi.

Melengkapi kendaraan dengan partisi plastik

Grab akan mendistribusikan lebih dari 250.000 peralatan kebersihan ke mitra pengemudi di seluruh kawasan Asia Tenggara, dan bekerja sama dengan produsen serta distributor untuk memudahkan para mitra dalam membeli produk kebersihan dengan harga terjangkau.

Grab juga akan memasang partisi plastik dan mendistribusikan lebih dari 10.000 peralatan kebersihan yang terdiri dari hand sanitizer, desinfektan kendaraan, masker wajah untuk mitra pengemudi GrabCar Protect selama sebulan mendatang. Dalam beberapa minggu kedepan, Grab juga menyiapkan partisi plastik dan menyediakan peralatan kebersihan ini kepada lebih dari 8.000 kendaraan Grab.

Pembatalan jika persyaratan masker tidak dipenuhi

Para mitra pengemudi dan mitra pengiriman Grab diwajibkan untuk menggunakan masker setiap kali mereka melakukan perjalanan dengan platform Grab. Kebijakan yang sama akan berlaku untuk penumpang di negara-negara di mana menggunakan masker di area publik merupakan kewajiban.

Apabila ada salah satu pihak yang tidak menggunakan masker, baik mitra pengemudi dan penumpang dapat membatalkan pemesanan tanpa denda sebelum perjalanan dimulai, dengan memilih 'pengemudi/penumpang tidak memakai masker (driver/passengers did not wear a mask) sebagai alasan pembatalan. Grab tidak akan memberikan denda untuk alasan pembatalan ini.

Grab juga telah memperbarui fitur penilaian dan tanggapan serta Pusat Bantuan dalam aplikasi dengan opsi baru untuk pelaporan terkait kesehatan dan kebersihan. Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk memberikan tanggapan kepada Grab apabila mitra pengemudi terlihat tidak sehat atau tidak menggunakan masker selama perjalanan.

Grab memonitor tanggapan ini dan akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi keamanan dan kesehatan para penggunanya. Grab juga akan terus mengevaluasi aturan ini seiring berjalannya waktu.



Simak Video "Kekebalan Tubuh Usai Sembuh Covid-19 Disebut Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)