Rabu, 03 Jun 2020 08:37 WIB

Dokter Sarankan Rajin Cuci Hidung Selama Pandemi Corona, Ini Manfaatnya

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
Hidung Dokter sarankan rutin mencuci hidung selama pandemi Corona. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Bagi sebagian orang, aktivitas mencuci hidung atau nasal washing mungkin jadi sesuatu yang jarang didengar. Tetapi cara ini diketahui dapat membantu menjaga kesehatan hidung, terlebih di tengah pandemi virus Corona.

Ahli kesehatan telinga, hidung, dan tenggorokan dari Rumah Sakit ibu dan anak (RSIA) Kemang, dr Bagas Wicaksono, SpTHT, menyarankan untuk meningkatkan cuci hidung selama pandemi virus Corona.

"Kalau saya sarankan, mungkin di musim COVID seperti ini, yang biasanya seminggu sekali atau dua kali, bisa aja sih meningkatkan menjadi tiga atau empat kali," sebut dr Bagas saat dihubungi detikcom, (2/6/2020)

"Tapi jangan terlalu sering, karena itu membuat hidung kita sedikit malas untuk menjaga dirinya sendiri," tambahnya.



dr Bagas menjelaskan saat ini belum terdapat penelitian lebih lanjut apakah cara ini dapat menekan risiko terinfeksi Corona. Namun, hal ini diketahui secara umum dapat menjaga kesehatan hidung dari paparan bakteri, virus, hingga debu.

Menurutnya, hidung merupakan salah satu organ yang perlu diperhatikan kebersihannya selain tangan. Terlebih hidung merupakan salah satu pintu masuk virus Corona ke dalam tubuh.

Cara melakukan nasal washing pun sangat sederhana, cukup menggunakan cairan yang mengandung senyawa NaCl atau garam.

"Secara logikanya kalau tangan kita harus rajin cuci. Tapi kalau untuk hidung hanya cukup dengan NaCl atau air garam," pungkasnya.



Simak Video "Ikatan Dokter Anak Sarankan Sekolah Ditutup Sampai Desember 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)