Kamis, 04 Jun 2020 14:30 WIB

Ilmuwan Belanda Sebut Kecil Kemungkinan Anak-Anak Sebarkan Virus Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Stay at home quarantine coronavirus pandemic prevention.Mother and daughter in protective medical masks standing near on window and looks out window. Ilmuwan Belanda sebut anak-anak tidak menularkan Corona ke orang lain. (Ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/virojt)
Jakarta -

Sebuah studi atau penelitian oleh Institut Nasional Kesehatan Belanda (RIVM), mengatakan kecil kemungkinannya anak-anak di bawah usia 12 tahun bisa menularkan virus Corona COVID-19. Penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal medis terkemuka di Belanda, yaitu Nederlands Tijdschrift Voor Geneeskunde.

Sebelumnya, di beberapa negara lain menyebut bahwa anak-anak lebih jarang terinfeksi virus ini. Jika terinfeksi pun tidak sampai sakit parah. Tapi, penelitian ini menemukan bukti lain.

"Anak-anak bisa terinfeksi, tetapi tidak menularkannya. Penularan penyakit ini terjadi umumnya antara orang dewasa dengan usia yang sama, atau dari orang dewasa ke anak-anak," tulis penelitian tersebut yang dikutip dari Reuters, Kamis (4/6/2020).

"Untuk penularan dari anak ke anak atau anak ke orang dewasa seperti halnya influenza, kurang umum terjadi pada virus ini," lanjutnya.

Namun, penelitian ini juga masih ada titik kelemahannya. Hal ini karena mungkin sampel keluarga yang diteliti dalam penelitian ini belum mewakili populasi di Belanda yang lebih luas.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/sao)