Kamis, 04 Jun 2020 15:04 WIB

Ilmuwan Inggris Sebut Ada 1,7 Juta Virus Tak Dikenal, Bisa Tulari Manusia

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Pretty scientist studying new virus in laboratory Ilustrasi saintis (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Seorang ilmuwan ternama di Inggris sekaligus presiden EcoHealth Alliance, Dr Peter Daszak, memperingatkan bahwa ada hampir 2 juta virus tidak dikenal yang bersembunyi pada hewan, dan bisa menginfeksi manusia.

Hal ini membuat Dr Daszak meminta para peneliti untuk melakukan berbagai upaya untuk memahami kode genetik virus pada hewan tersebut. Ini untuk mencegah wabah mematikan menyerang manusia di masa depan.

"Kami menganalisis jumlah virus yang tidak diketahui dan bisa saja muncul di masa depan dan menginfeksi manusia. Kami memperkirakan ada sekitar 1,7 juta, beberapa di antaranya bisa menginfeksi manusia," katanya yang dikutip dari Daily Star, Kamis (4/6/2020).

"Ini bisa menjadi ancaman di masa depan. Kami baru mengetahui beberapa virus saja, dan sebagian besarnya menunggu untuk muncul di masa depan," lanjutnya.

Dr Daszak mengatakan, untuk mengetahui seluruh virus itu butuh waktu yang lama sampai 10 tahun. Jika itu terlaksana, ia memperkirakan manusia bisa mengembangkan obat, vaksin, serta asal usul asal virus itu.

Saat ini, para peneliti di berbagai negara sedang mengerjakan vaksin dan obat untuk virus Corona COVID-19, diperkirakan akan selesai akhir tahun ini. Namun, Dr Daszak mengatakan, jika vaksin itu sudah tersedia, butuh waktu beberapa tahun agar vaksin itu bisa didistribusi secara menyeluruh.



Simak Video "Kenali Gejala Lain Saat Terinfeksi Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)