Sabtu, 06 Jun 2020 19:00 WIB

Tips Lansia Sehat dan Bahagia di Masa Pandemi Corona

Tim detikHealth - detikHealth
lansia Foto: Getty Images/Eva-Katalin/Tips Lansia Sehat dan Bahagia di Masa Pandemi Corona
Jakarta -

Orang lanjut usia (lansia) lebih rentan terhadap virus corona. Mereka pun harus tinggal di rumah lebih lama.

Tidak ada yang tahu kapan pandemi virus corona akan berakhir. Karena itu, pastikan lansia harus sehat dan bahagia meski harus tinggal di rumah berbulan-bulan.

Dalam rilis dari Institut Pertanian Bogor, Dr Ir Diah Krinatuti MS, Dosen dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia IPB University, menyebutkan tips lansia sehat dan bahagia di masa pandemi corona:

1. Selalu Tenang dan Berpikir positif

Batasi menonton tayangan menyedihkan. Pilihlah tayangan positif yang membangkitkan semangat.

2. Batalkan Jadwal Periksa Rutin ke Dokter

Batalkan jadwal periksa rutin ke dokter jika keadaan tidak terlalu mendesak namun tetap mengkonsumsi obat yang rutin diminum sehari-hari. Jika ada keluhan, usahakan diatasi dengan obat yang ada seperti minyak gosok dan krim anti sakit. Pastikan Lansia memiliki kontak kerabat yang bisa dihubungi sewaktu-waktu jika ada sesuatu hal darurat.

3. Minum Suplemen vitamin C, vitamin E, dan berjemur

Minum suplemen vitamin C, vitamin E dan berjemur secara rutin setiap hari juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C dipercaya mampu mencegah dan mengobati infeksi pernafasan dengan meningkatkan berbagai fungsi sel kekebalan tubuh.

Vitamin E juga dipercaya bermanfaat bagi efek imunostimulan memberi peningkatan resistensi terhadap infeksi. Jadi vitamin E dipercaya dapat meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Sedangkan sinar matahari bisa meningkatkan jumlah sel darah putih dalam darah, sehingga berperan penting untuk menghancurkan kuman pada tubuh.

4. Perhatikan Stok Kebutuhan Pangan atau Keperluan Pribadi

Tidak ada yang tahu kapan virus corona bakal berakhir, sehingga lansia perlu memiliki stok untuk kebutuhan sehari-hari, seperti makanan yang awet dikonsumsi dalam jangka waktu panjang, obat-obatan rutin, dan non resep jika diperlukan, serta perlengkapan mandi dan cuci.

Lansia harus menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Salah satu caranya yang wajib dikonsumsi adalah dengan memilih menu konsumsi harian yang tepat seperti buah-buahan, sayur-sayuran dan kacang-kacangan serta ikan yang banyak mengandung omega-3 seperti ikan salmon," terangnya.

5. Atasi Rasa Bosan dan Kesepian

Untuk mengatasi rasa bosan dan kesepian, usahakan lansia tetap bisa menjalin komunikasi dengan orang lain melalui pembicaraan via telepon maupun video call. Lansia perlu dibekali handphone dan cara mengoperasikannya dengan mudah.

6. Tetap Aktif Bergerak

Lansia juga harus tetap aktif bergerak dan bekerja atau berkarya. Walaupun di rumah saja, lansia perlu melakukan olahraga ringan dan berjemur serta melakukan aktivitas sehari-hari seperti memasak, membersihkan rumah, membaca, dan lain-lain.

Tujuan utamanya adalah menjaga kualitas otot agar tetap aktif serta meningkatkan mobilitas dan keseimbangan. Dengan menjalankan pola hidup sehat serta pola makan seimbang, maka daya tahan tubuh pun akan terjaga.

7. Menikmati Hidup dengan Menjalankan Hobi

Untuk melawan kebosanan dan kesepian, lansia bisa diarahkan untuk melakukan hobi yang bisa dikerjakan di dalam rumah, seperti merajut, menjahit, bertukang (memperbaiki alat-alat rumah tangga), dan berkebun.

8. Sabar dan Terus Berdoa

Tips lansia sehat dan bahagia saat pandemi corona lainnya yakni harus senantiasa diingatkan akan pentingnya kesabaran dan berdoa agar hati menjadi tenang. Stres harus dijauhkan, karena hidup yang penuh tekanan akan merusak kesehatan, dapat memicu berbagai penyakit seperti stroke, asma, darah tinggi, penyakit jantung, dan lain-lain. Banyak tersenyum dan tertawa sangat baik, karena akan memperbaiki mental dan fisik secara alami.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)