Senin, 08 Jun 2020 14:33 WIB

Kisah-kisah Penyesalan Akibat Meremehkan Dampak Virus Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Kisah-kisah penyesalan karena anggap remeh dampak virus Corona. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Baru-baru ini ramai di media sosial soal anggapan virus Corona COVID-19 tidak berbahaya. Penyebab dari meninggalnya pasien COVID-19 ini dinilai karena penyakit lain yang menyertainya bukan karena virus Corona.

"Tidak ada orang yang meninggal murni karena covid-19 dikarenakan di dalam tubuhnya ada beraneka macam virus dan bakteri yang sudah masuk terlebih dahulu jauh hari sebelum corona masuk... Jika ada ribuan orang yang meninggal karena Corona, itu artinya sebelum corona Datang sudah ada ribuan macam virus yang menyerang orang-orang tersebut. Sehingga ketika corona datang, antibodi di tubuhnya sudah tidak bisa mengantisipasi lagi," tulis satu pengguna di Facebook.

Beberapa waktu sebelumnya, anggapan remeh soal virus Corona COVID-19 juga pernah terjadi. Namun belakangan rasa penyesalan karena menilai Corona tidak berbahaya pun muncul. Berikut beberapa contoh kasus yang pernah terjadi.

1. Pria di Florida positif tertular usai anggap Corona cuma hoax

Pria bernama Brian Hitchens ini sebelumnya berpikir pandemi Corona tidak nyata. Bahkan disebutnya Corona hanya akal-akalan pemerintah untuk mengalihkan isu lain.

Namun hal itu berubah setelah ia dan istrinya dirawat di rumah sakit karena tertular dan positif terinfeksi virus Corona. Ia mendesak orang lain untuk menanggapi ini sebagai hal yang serius.

"Ini bukan taktik untuk menakut-nakuti siapapun, ini juga tidak dibuat-buat. Ini adalah virus sungguhan yang berbahaya dan harus dianggap serius," kata Brian.

2. Ikuti 'coronavirus challange' pria ini positif Corona

Awal-awal virus Corona mewabah, sempat viral video di aplikasi TikTok yang berjudul 'coronavirus challange'. Pada tantangan itu seseorang ditantang untuk menjilat benda di tempat umum.

Sayangnya, seorang pria bernama Larz, berusia 21 tahun asal Beverly Hills yang melakukan tantangan tersebut dengan menjilat permukaan tempat duduk toilet dikabarkan diisolasi di rumah sakit dan mengumumkan dirinya positif Corona melalui akun Twitternya.

"Saya dites positif Coronavirus," ungkap Larz di twitternya pada Minggu (22/3/2020).

3. YouTuber Indira Kalistha

Sempat viral juga cuplikan video wawancara dari seorang YouTuber sekaligus selebgram Indira Kalistha di media sosial. Ia jadi bahan perbincangan netizen karena mengaku ogah pakai masker dan cuci tangan di masa pandemi virus Corona COVID-19.

"Nggak, aku jarang pakai masker. Kalau sheet mask aku pakai setiap hari. Kalau masker yang udara-udara gitu nggak dipakai kecuali ditegur kayak 'bu pakai maskernya ya'. Tapi kalau nggak ditegur ya kita lepas lagi. Ini napas sayang-sayang ditutup-tutup gitu loh. Sesak nih dada juga sesak ye," ucap Indira Kalistha dalam vlog bersama youtuber lain, Gritte Agatha, dan ramai dibagikan pengguna media sosial.

Belakangan ia meminta maaf karena tidak bermaksud untuk meremehkan virus Corona COVID-19 seperti yang dinilai netizen. Ia pun mengaku selalu membawa hand sanitizer dan tisu basah di dalam tasnya saat bepergian.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)