Senin, 08 Jun 2020 20:01 WIB

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Tidur Tanpa Bantal Malam Ini

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
tidur tanpa bantal Alasan kamu harus coba tidur tanpa bantal malam ini. (Foto ilustrasi: Shutterstock/Rapeepat Pornsipak)
Jakarta -

Siapa yang kalau tidur nggak bisa lepas dari bantal? Faktanya, hampir sebagian besar orang tak bisa tidur tanpa menggunakan bantal.

Padahal banyak banget manfaat yang bisa kamu dapatkan jika tidur tanpa bantal. Misalnya, mencegah nyeri punggung, nyeri leher, dan mengurangi stres.

Mengutip dari FirstCry Parenting, berikut ini adalah empat alasan mengapa kamu harus tidur tanpa bantal malam ini.

1. Mencegah nyeri punggung

Alasan mengapa banyak orang sakit punggung ketika bangun tidur adalah karena pemilihan bantal yang salah.

Bantal yang terlalu tebal dan tinggi dapat mengganggu lekukan alami tulang belakang. Sehingga ketika kamu bangun, punggung akan terasa nyeri.

Jadi, tidur tanpa bantal akan jauh lebih baik, daripada tidur dengan bantal yang salah.

2. Mencegah nyeri leher

Saat tidur, leher kita harus sejajar dengan kasur. Tetapi, ketika tidur dengan menggunakan bantal, leher akan terdorong ke atas dan cenderung seperti membungkuk. Ini dapat membuat leher terasa nyeri dan pegal-pegal ketika bangun tidur.

Tanpa bantal, kepala akan beristirahat dengan posisi alami. Ini juga dapat membuat rileks otot leher yang sedang tegang.

3. Mencegah stres

Sebelumnya sudah dijelaskan, posisi atau tingkat ketebalan bantal yang kurang tepat dapat mengganggu kualitas tidur. Dan jika tidurmu kurang nyenyak, kemungkinan kamu akan cenderung lebih mudah tersinggung dan stres di siang hari.

Karena itu, kamu perlu mencoba tidur tanpa menggunakan bantal agar tidur bisa lebih nyenyak. Sehingga risiko mengalami stres pun bisa berkurang.

4. Meningkatkan energi

Ketika bangun tidur tanpa nyeri leher dan punggung, badan akan terasa jauh lebih segar. Kualitas tidur yang baik dan cukup juga akan membuat kita mempunyai banyak energi dalam menjalani hari.



Simak Video "Dengerin Musik Bertempo Lambat dan Nyanyi Bersama Bisa Minimalisasi Stres"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)