Rabu, 10 Jun 2020 19:38 WIB

Sambut New Normal, Warga di Klaten Tak Sabar Latihan Sepak Bola

Achmad Syauqi - detikHealth
Warga desa Teoloyo latihan sepak bola sambut new normal. Warga bertanding sepak bola meski belum ada aturan new normal. (Foto: Achmad Syauqi)
Klaten -

Kerinduan warga Desa Teoloyo, Kecamatan Wonosari, Klaten, dan sekitarnya untuk menikmati pertandingan sepak bola sudah tak tertahankan. Meskipun aturan new normal untuk masyarakat umum belum ditetapkan Pemkab Klaten, tetapi warga mulai menata lapangan dan menggelar pertandingan latihan.

"Bola ini kan salah satu olahraga, penting untuk menjaga imun. Lapangan dibenahi dengan keamanan yang sudah disepakati dengan pemerintah desa dan puskesmas," ungkap Taufik dari karang taruna Desa Teloyo, Kecamatan Wonosari pada detikcom, Rabu (10/6/2020).

Taufik menyatakan lapangan dibenahi dalam rangka menyadarkan masyarakat untuk berolahraga. Untuk itu perlu dipersiapkan.

"Pemerintah kan sudah mulai membebaskan mal, tempat ibadah, dan tempat lainnya. Jadi lapangan juga mulai dibenahi," lanjut Taufik.

Selama ini, lanjut Taufik, lapangan setiap hari digunakan untuk latihan rutin. Namun setelah ada Corona lapangan jadi tidak digunakan.

"Tapi perawatan rutin dua pekan sekali kita lakukan pemotongan rumput. Minggu ini sudah mulai dipakai tapi tim sewa," imbuh Taufik.

Tim daerah tetangga itu, kata Taufik menyewa lapangan untuk latihan. Sebab banyak lapangan tidak terawat selama pandemi COVID.

"Lapangan lain lama tidak dibuka jadi rusak. Terus ada yang juga mulai menyewa ke sini (lapangan Teloyo)," tambah Taufik.

Nantinya, jelas Taufik, untuk menyambut new normal pengelola akan menerapkan protokol kesehatan mencegah COVID-19. Misalnya harus bawa masker.

"Setelah nanti new normal penonton harus pakai masker. Kita sediakan tempat cuci tangan bagi penonton meskipun nantinya saat pulang juga cuci tangan," pungkas Taufik.

Pembina PS. Port Teloyo, Suwito, mengatakan selain penyediaan tempat cuci tangan dan perawatan lapangan, warga dan karang taruna juga sudah membuat tempat duduk.

"Kita buatkan tempat duduk. Jadi nantinya penonton tidak bergerombol," ungkap Suwito pada detikcom.

Pantauan detikcom di lokasi, sudah beberapa hari terakhir latihan digelar di lapangan Desa Teloyo. Mulai pukul 15.30 WIB masyarakat mulai berkumpul di tepi lapangan menyaksikan latihan.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemkab Klaten, Sri Nugroho, menjelaskan saat ini new normal baru diterapkan di lingkungan OPD, BUMD, kecamatan sampai desa. Aktivitas lainnya termasuk olahraga belum diizinkan.

"Belum. Olahraga, seni, dan budaya yang sifatnya event belum diizinkan. Jika peserta hanya maksimal 15 orang silahkan," kata Nugroho pada detikcom.



Simak Video "6 Jurus Berlari di Area Terbuka Saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)