Senin, 15 Jun 2020 11:34 WIB

Jangan Ragu Lagi, Ini Alasan Lansia Harus Rutin Berjemur

Abu Ubaidillah - detikHealth
berjemur Foto: shutterstock
Jakarta -

Paparan sinar matahari memiliki beragam manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh, khususnya bagi para senior yang daya tahan tubuhnya tidak lebih baik dibanding remaja atau dewasa.

Seperti dilansir dari WebMD, sinar UV dari matahari akan membantu tubuh memenuhi nutrisi vitamin D yang penting bagi tulang, sel darah, serta sistem kekebalan tubuh. Selain itu, paparan sinar matahari juga berfungsi bagi para lansia untuk mendapatkan nutrisi lain seperti kalsium dan fosfor.

Senada dengan hal tersebut, Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita juga menyebut bahwa daya tahan tubuh lansia memang tidak lebih baik dari remaja atau orang dewasa dan menganjurkan untuk berjemur di bawah sinar matahari agar imunitas terjaga.

"Sistem kekebalan tubuh akan cenderung menurun sehingga rentan terhadap paparan virus/bakteri juga dalam melawan infeksi yang masuk seiring bertambahnya usia," ujar dr Adeline kepada detikcom baru baru ini.

"Selain menjaga pola makan dan hidup bersih, dianjurkan untuk berjemur di pagi hari antara jam 09.00-11.00 selama 15-30 menit tergantung dari UV indeks area Anda," sambungnya.

Menurutnya, UV index sebaiknya berada di bawah angka 7 dan dapat dilihat pada aplikasi smartphone. Ia pun menjelaskan pentingnya berjemur di bawah sinar matahari untuk meningkatkan produksi vitamin D, sebab vitamin D yang didapat dari makanan jumlahnya sangat sedikit.

"Tubuh memerlukan sinar matahari untuk membantu meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh karena sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami, hanya sedikit yang didapat dari makanan," sambungnya.

Selain berjemur di bawah sinar matahari untuk menjaga daya tahan tubuh, para senior juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara mengonsumsi Entrasol Senior yang mengandung nutrisi lengkap untuk menjaga daya tahan tubuh.

Entrasol Senior mengandung tinggi protein hingga 12 gram per sajian dan nutrisi lain seperti vitamin C, D, E, kalsium, zink, serta mineral lainnya yang diperlukan tubuh khususnya lansia, juga rendah akan laktosa sehingga aman dikonsumsi oleh lansia yang biasanya mengalami intoleransi laktosa.



Simak Video "Catet! Ini Waktu Berjemur yang Baik"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)