Selasa, 16 Jun 2020 10:37 WIB

Kekebalan Tubuh Berasal dari Pencernaan Sehat, Benarkah?

Abu Ubaidillah - detikHealth
ilustrasi perut Foto: thinkstock
Jakarta -

Dalam menjalani kegiatan sehari-hari, apalagi di tengah pandemi tentu kita harus selalu menjaga kesehatan. Salah satunya dengan menjaga sistem pencernaan karena perannya sangat penting sebagai pintu masuk dari berbagai penyakit.

Dilansir dari NIFS, dalam sistem pencernaan terdapat bakteri baik yang akan mengenali ketika sumber penyakit memasuki tubuh. Organisme tersebut akan menyerap sumber penyakit tersebut dan tidak akan membiarkannya masuk ke tubuh Anda.

Senada dengan hal tersebut, Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita pun mengatakan saluran pencernaan mempengaruhi hingga 80 persen dari sistem daya tahan tubuh. Sebab, saluran pencernaan terdiri dari jaringan mukosa yang sangat luas sehingga jika benda asing yang berefek negatif dan berpotensi menjadi penyakit masuk ke tubuh melalui saluran cerna maka akan mengakibatkan suatu penyakit.

"Di saluran cerna terdapat mikroorganisme yang baik dan jahat berkembang biak secara seimbang, yaitu jumlah mikroorganisme baik yang ada cukup banyak untuk menekan perkembangbiakan mikroorganisme jahat," ujarnya kepada detikHealth, baru-baru ini.

Menurut dr Adeline, keseimbangan bakteri baik di dalam pencernaan dapat dijaga dengan cara mengonsumsi makanan tinggi serat yang mengandung prebiotik (makanan untuk bakteri baik di usus) dan kolin seperti susu, telur, kedelai, buah, dan sayuran.

"Selain itu, asupan probiotik pun berperan penting untuk meningkatkan jumlah bakteri baik di pencernaan kita," sambungnya.

Oleh karena itu, jangan lupa selalu perhatikan kesehatan pencernaan dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya serat. Dengan memenuhi kebutuhan serat harian, dapat memelihara kesehatan usus, sehingga pencernaan sehat, daya tahan tubuh pun meningkat.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan saluran cerna juga dapat didukung dengan mengonsumsi Nutrive Fibershot. Minuman tinggi serat ini mengandung 16 sari buah dan sayur untuk membantu memelihara saluran pencernaan sehingga tubuh lebih sehat.

Nutrive Fibershot juga dapat melancarkan buang air besar, menurunkan risiko terkena wasir, membuat kenyang lebih lama, hingga mengurangi risiko terkena penyakit stroke, kanker usus, dan diabetes tipe 2.



Simak Video "Brasil Mulai Uji Coba Vaksin COVID-19 Inggris untuk 2 Ribu Partisipan"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)