Rabu, 17 Jun 2020 17:24 WIB

Wajib Tahu! Ini Cara Cegah Penularan Virus Corona di Lift

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Hand of businessman pressing control in elevator Cara pencegahan virus Corona di lift. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Di era 'new normal' pandemi virus Corona beberapa gedung perkantoran mulai dibuka dan karyawan mulai masuk kantor, mengakhiri masa WFH (work from home). Mal juga mulai buka yang membuat masyarakat diminta memperhatikan protokol kesehatan ekstra untuk mencegah penularan virus Corona.

Saat berada di tempat tersebut, salah satu tempat yang mungkin dikhawatirkan adalah lift. Langkah-langkah seperti membatasi jumlah orang yang menggunakannya sudah dilakukan. Tapi karena khawatir, beberapa orang ada yang memilih naik tangga daripada menggunakan lift.

Namun, tak mungkin rasanya bagi mereka yang bekerja di gedung-gedung bertingkat untuk naik tangga. Jadi apakah aman naik lift terlebih jika bersama orang yang berisiko tertular COVID-19?

Studi menyebut penularan Corona di lift sangat minim. Sebagai contoh, pada bulan Maret di Seoul, Korea Selatan, virus Corona terdeteksi di salah satu perkantoran namun hanya menginfeksi satu lantai saja. Penyebarannya tidak vertikal atau menginfeksi lantai lain.

Ini menunjukkan bahwa orang lain yang menggunakan lift yang sama tetapi turun di lantai berbeda tidak menyebarkan virus. Oleh karena itu kemungkinan risiko tertular Corona di lift disebut rendah.

"Risiko (tertular) virus Corona di lift rendah. Namun untuk tindakan pencegahan selalu gunakan masker saat di lift," kata Dr Simone Wildes, spesialis penyakit menular di South Shore Health dikutip dari Medical Daily.

Ada dua hal penting yang harus diperhatikan: penggunaan masker dan waktu yang dihabiskan di lift. Mengenakan masker saat ini adalah hal yang wajib dan sejauh ini tidak ada orang yang tinggal terlalu lama di lift sehingga membuat risiko infeksinya minim.

Namun, karena saat di lift Anda berada di ruangan kecil yang tertutup dengan orang lain, ada langkah konkret yang dapat Anda ambil untuk tetap aman: mengenakan masker, menjauh dari orang lain dan hindari menyentuh apapun.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)