Jumat, 19 Jun 2020 08:27 WIB

Anak Sering Garuk-garuk Mr P, Gejala Fimosis atau Minta Sunat?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Bulan Juni merupakan masa liburan panjang bagi anak-anak sekolah. Tak sedikit acara sunatan massal mulai marak digelar, seperti yang dilakukan PT Garuda Indonesia (persero) Tbk, dalam rangka melaksanakan CSR bagi masyarakat sekitar di Halim Perdanakusumah, Jakarta. File/detikFoto. Ilustrasi sunat (Foto: Rachman Haryanto)
Jakarta -

Secara teknis, tidak ada panduan pasti kapan anak laki-laki harus disunat. Namun pada anak, perlu diwaspadai gejala fimosis yang mengharuskan untuk tidak menunda-nunda sunat.

Fimosis merupakan kelainan yang membuat kulit penutup kepala penis tidak bisa ditarik. Kondisi ini bisa memicu infeksi karena lubang kencing tertutup dan air kencing tidak bisa mengalir dengan lancar.

Ada banyak gejala fimosis yang bisa dikenali, antara lain demam dan nafsu makan berkurang. Frekuensi ganti popok yang berkurang juga menandakan pipis tidak lancar dan perlu dicurigai sebagai gejala fimosis.

Gejala lain adalah perasaan tidak nyaman pada penis. Ini bisa ditandai dengan seringnya anak garuk-garuk di bagian itu.

"Kalau anak-anak sudah sering garuk-garuk burungnya, itu mungkin gejala fimosis," kata praktisi sunat dr Encep Wahyudan.

Pada kondisi ini, dokter yang akrab disapa dr Boy ini menyarankan untuk tidak menunda sunat.



Simak Video "Cara Hilangkan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk Pakai Kulit Petai"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)