Sabtu, 20 Jun 2020 11:00 WIB

Pakai Sistem Buka-Tutup, Kawasan Ring Road GBK Dibatasi Maksimal 1.000 Orang

Ayunda Septiani - detikHealth
Meski PSBB DKI Jakarta masih berlangsung, kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, telah ramai dengan warga yang berolahraga. Begini potretnya. Kawasan GBK berlakukan sistem buka-tutup. (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) mengeluarkan sejumlah kebijakan baru bagi pengunjung di masa PSBB transisi sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona COVID-19. Kebijakan itu akan mulai berlaku dan diterapkan pada hari ini (20/6/2020).

Sistem buka tutup diberlakukan di Ring Road GBK dengan batasan 1.000 orang. Perubahan ini dilakukan menyusul evaluasi kepadatan pengunjung di area ring road pada 12 dan 13 Juni lalu, khususnya di ring road SUGBK sehingga sulit menerapkan physical distancing.

Menurut pantauan detikcom pada Sabtu (20/6/2020), peraturan untuk masuk area Ring Road dibarengi dengan protokol kesehatan. Mulai dari mencuci tangan dengan air mengalir hingga pengecekan suhu tubuh.

Petugas di kawasan GBK pun melaksanakan peraturan yang telah dikeluarkan tersebut, dengan menghitung setiap pengunjung yang memasuki area Ring Road dengan kapasitas 1.000 orang dan akan disterilkan setiap satu jam sekali. Selain itu tampak beberapa petugas kepolisian yang juga ikut memantau kawasan GBK agar tetap tertib.

"Kita ngitungin setiap yang masuk, jadi kalo udah 1.000 orang nanti kita suruh ke luar. Setiap satu jam sekali nanti akan disterilkan. Nanti juga ada petugas di dalam Ring Road untuk mengingatkan sisa waktu untuk area bisa disterilkan dulu," ujar Alex, salah satu petugas kawasan GBK di pintu 5, saat ditemui detikcom.

Selain itu, berikut kebijakan baru yang diterapkan PPK GBK di masa PSBB transisi:

1. Jam operasional dimulai pada pukul 05.00-20.00 WIB.

2. Akses masuk ke kawasan GBK melalui Pintu 5 dan Pintu 10. Untuk kendaraan bermotor roda empat diarahkan untuk parkir di Parkir Timur dan Parkir Selatan, sedangkan kendaraan roda dua diarahkan untuk parkir di halaman Istora dan Stadion Akuatik. Selanjutnya, akses keluar untuk seluruh kendaraan diarahkan melalui Pintu 8.

3. Area Ring Road Stadion Utama GBK hanya untuk pejalan kaki tanpa peralatan (Misalnya sepeda, skateboard, scooter, dan/atau stroller).

4. Akses masuk pengunjung menuju Ring Road Stadion Utama GBK hanya melalui Pintu A yang akan dibuka-tutup secara berkala dan akses keluar melalui Pintu D, Pintu E dan Pintu G.

5. Jumlah pengunjung Ring Road Stadion Utama GBK akan dibatasi secara bergiliran dengan jumlah pengunjung maksimal 1.000 orang dan waktu maksimal 1 (satu) jam per shift.

6. Pengunjung yang berusia kurang dari 12 tahun dan ibu hamil dilarang masuk ke kawasan GBK. Seluruh pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, antara lain pengecekan suhu tubuh di Pintu Masuk Utama dan ring road, cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak fisik minimal 2 meter dan tidak bergerombol.



Simak Video "WHO Anjurkan Olahraga Tanpa Masker, Ini Tanggapan Pengunjung GBK"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)
dMentor
×
Bisnis Rumahan Saat PSBB
Bisnis Rumahan Saat PSBB Selengkapnya