Senin, 22 Jun 2020 12:22 WIB

WFH Sering Tatap Layar Laptop? Ini 4 Tips Buat Jaga Kesehatan Mata

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikHealth
Kesehatan mata Foto: Shutterstock
Jakarta -

Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) masih banyak dilakukan masyarakat di masa new normal ini. Bagi yang belum terbiasa, bekerja di rumah mengharuskan si pekerja untuk menatap layar komputer dalam waktu yang cukup lama.

Hal ini pun tidak bisa dihindari dan tentunya dapat menyebabkan masalah kesehatan khususnya di bagian mata. Contohnya seperti computer vision syndrome (CVS) serta eye strain yang menyebabkan mata kering, merah, dan gejala lainnya yang membuat tidak nyaman.

Di saat kondisi tersebut, ada baiknya untuk menjaga kesehatan mata agar pandangan tetap jernih dan tak kabur. Dilansir dari elite daily, berikut beberapa tips untuk menjaga mata tetap sehat meski sering menatap layar latpop.

Gunakan Aturan 20-20-20

Dilansir dari American Optometric Association (AOA), terdapat cara ampuh untuk menjaga kesehatan mata yaitu menggunakan aturan 20-20-20. Caranya adalah setiap 20 menit ubah pandangan matamu ke sebuah benda yang berjarak sekitar 20 kaki selama 20 detik. Hal ini akan membuat mata menjadi rileks, karena persepsi pandangan berubah dari jarak dekat ke jarak jauh.

Jangan Lupa Berkedip

Banyak orang sering kali lupa untuk berkedip, ketika menatap layar komputer terlalu lama. Namun hal ini justru sangat penting, karena dapat menjaga kelembapan mata sehingga mata tidak kering dan membersihkan permukaan mata.

Atur Settingan Layar Komputer

Mengurangi brightness (kecerahan) layar, mengubah spektrum warna (menjauhi warna biru), dan mengubah skema warna menjadi hitam atau putih tergantung waktu dapat menjadi strategi untuk menjaga kesehatan mata. Cobalah untuk mengatur setting di komputer sehingga mata lebih nyaman di saat menatap layar.

Pastikan Tidak Ada Refleksi di Layar

Refleksi/pantulan cahaya seperti cahaya matahari atau background pada layar komputer dapat membuat mata lebih letih dan tentunya tidak baik untuk kesehatan. Maka cobalah untuk memposisikan layar komputer sehingga tidak ada lagi pantulan cahaya di layar.

Nah, itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata di saat bekerja dari rumah. Jika Anda merasakan ada hal yang aneh dengan kondisi mata selama bekerja, ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis.

Layanan GrabHealth menghadirkan konsultasi virtual melalui aplikasi Grab. Anda bisa bertanya kepada dokter ahli mengenai keluhan mata yang dialami. Pembelian obat juga bisa dilakukan melalui layanan GrabHealth di aplikasi Grab.

(prf/ega)