Selasa, 23 Jun 2020 05:55 WIB

Mandi Air Panas Bisa Bunuh Corona? 18 Info COVID-19 yang Ternyata Mitos

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ruang publik M Bloc Space telah kembali dibuka untuk umum. Salah satu tempat nongkrong milenial ini sebelumnya ditutup imbas pandemi COVID-19. Virus Corona COVID-19 (Foto: Grandyos Zafna)

16. Tahan napas dan setelahnya tidak batuk disebut bebas Corona

Pada bulan Maret, sebuah postingan di Facebook mengklaim bahwa jika Anda dapat menahan napas selama lebih dari 10 detik tanpa batuk, Anda tidak akan memiliki virus Corona.

Panduan pemeriksaan mandiri menjadi viral dan membuat banyak orang mencoba sendiri percobaannya. Faktanya tes tersebut sia-sia. Anda tidak dapat mendeteksi virus Corona dengan tes pernapasan. Cara terbaik untuk memeriksa virus adalah dengan menjalani tes melalui laboratorium medis.

17. Mandi air panas bisa membunuh virus Corona

Heboh mandi air panas disebut bisa membunuh virus Corona. Namun, CDC menegaskan bahwa air panas tidak dapat membunuh virus Corona COVID-19.

18. Hand dryer dapat membunuh virus Corona

Hand dryer disebut dapat membunuh virus Corona. Namun, WHO menegaskan pengering tangan tidak efektif membunuh virus Corona.

"Untuk melindungi diri Anda dari virus korona baru, Anda harus sering membersihkan tangan dengan alkohol berbasis alkohol atau mencucinya dengan sabun dan air. Setelah tangan Anda dibersihkan, Anda harus mengeringkannya secara menyeluruh dengan menggunakan handuk kertas atau pengering udara hangat," sebut WHO dikutip dari laman resminya.

Halaman
1 2 3 4 Tampilkan Semua

(naf/up)