Rabu, 24 Jun 2020 11:00 WIB

Konsumsi Buah & Sayur Ini untuk Jaga Imunitas Tubuh saat New Normal

Inkana Putri - detikHealth
ilustrasi makan buan dan sayuran Foto: shutterstock
Jakarta -

Memasuki era new normal, menjaga sistem imun tentunya perlu lebih diperhatikan. Hal ini perlu dilakukan demi mencegah infeksi virus Corona saat kembali beraktivitas. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memperkuat sel imun adalah dengan mengonsumsi asupan nutrisi yang baik. Dengan begitu, daya tahan tubuh dapat terjaga dengan baik.

Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita mengatakan, komposisi bakteri dalam saluran pencernaan menjadi salah satu indikator kesehatan tubuh. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti sayuran dan buah tentunya dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Dengan begitu, daya tahan tubuh pun ikut terjaga dan terhindar dari infeksi penyakit.

"Flora usus adalah sistem pertahanan alami tubuh yang menjaga daya tahan tubuh kita. Pada orang dewasa flora baik juga berkaitan dengan imunitas tubuh dimana koloni bakteri baik di dalam usus akan lebih mudah berkembang biak, sehingga kesehatan saluran pencernaan tubuh pun optimal," ujarnya.

Namun, dalam mengonsumsi asupan nutrisi sehari-hari, sebaiknya pastikan proporsi antara karbohidrat, protein, sayur dan buah seimbang. Melansir onhealth.com, ada beberapa jenis sayur dan buah yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh seperti bayam, ubi, brokoli, hingga jamur. Selain sehat dan bergizi, buah dan sayur juga merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh.

Lebih lanjut, dr Adelina menjelaskan, serat dalam makanan umumnya disebut sebagai dietary fiber yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Serat akan berpengaruh pada metabolisme glukosa, sekresi insulin dan pemakaian glukosa oleh sel hati. Selain itu, serat makanan berpengaruh juga dapat mengikat kolesterol dan asam empedu sehingga berpengaruh pada sirkulasi enterohepatik kolesterol.

Bahkan, dalam usus besar, serat dapat dimetabolisme oleh bakteri kolon dan dapat menghasilkan asam lemak rantai pendek yang dapat menghambat mobilisasi asam lemak dan mengurangi glukoneogenesis. Itulah mengapa mengonsumsi sayur dan buah yang berserat secara tidak langsung mampu menjaga imunitas tubuh.

"Banyak sekali manfaat serat untuk tubuh kita, oleh karena itu kita harus memperbanyak mengkonsumsi serat yang juga akan membantu tubuh dalam menyerap kolesterol jahat dan menyerap racun yang terdapat dalam makanan," imbuhnya.

Idealnya, tubuh memerlukan nutrisi serat sekitar 30 gr per hari dari sayur dan buah-buahan. Guna mencukupi kebutuhan serat, dr Adelina menyarankan untuk mulai dengan menambahkan asupan serat. Selain sayur dan buah, serat juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi kentang, kacang-kacangan, dan umbi-umbian. Dengan terpenuhinya kebutuhan serat harian, tubuh tentunya bisa bekerja lebih optimal dan terhindar dari infeksi virus dan penyakit.

"Mulailah dengan cara menambah porsi sayur dan buah kedalam piring makan kita untuk mencukupi kebutuhan serat agar saluran pencernaan manusia bekerja lebih optimal," jelasnya.

Selain mengonsumsi buah dan sayuran, saat ini ada cara lebih praktis untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Cobalah konsumsi Nutrive Fibershot yang mengandung serat tinggi yaitu sekitar 5 gram per 100 ml. Diformulasikan dengan kandungan 16 ekstrak buah dan sayur serta rendah gula 8gr, Nutrive Fibershot aman untuk dikonsumsi harian, bahkan oleh anak diatas 1 tahun.

Dengan konsumsi dua botol Nutrive Fibershot setiap hari dapat membantu penuhi 10 gram kebutuhan serat dan menjaga fungsi pencernaan tubuh. Sehingga imunitas tubuh pun ikut meningkat.



Simak Video "Tips Jaga Imunitas Tubuh Agar Tetap Kuat saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)