Senin, 29 Jun 2020 15:15 WIB

Eksperimen Viral Ini Buktikan Masker Paling Ampuh Halangi Mikroba

Firdaus Anwar - detikHealth
Peneliti demonstrasi efektivitas masker halangi mikroba keluar dari mulut. Ilmuwan demonstrasikan efektivitas masker halangi droplet keluar dari mulut. (Foto: Twitter/richdavisphd)
Jakarta -

Seorang peneliti viral usai mengunggah foto yang menunjukkan efektivitas masker dalam menghalangi droplet alias percikan liur keluar dari mulut. Rich Davis dari Providence Sacred Heart Medical Center, Amerika Serikat (AS), melakukannya lewat demonstrasi dengan cawan petri.

Di Twitter, Davis bercerita melakukan demonstrasi dengan dua cara sederhana yaitu sambil memakai masker dan tidak memakai masker. Davis batuk dua kali, bersin, berbicara selama 60 detik, hingga bernyanyi selama 60 detik menghadap ke cawan petri yang berjarak sekitar 0,5 meter.

Cawan petri tersebut lalu didiamkan selama 24 jam. Hasil akhirnya terlihat ada lebih banyak koloni bakteri pada cawan kelompok 'tak memakai masker'.

"Di demonstrasi ini kehadiran bakteri (bukan virus) hanya sebagai proksi kehadiran mikroba di percikan liur kita," kata Davis.

"Kemungkinan, percikan liur lebih kecil (yang bisa membawa virus seperti SARS-COV-2) juga bisa dihasilkan ketika kita batuk, bersin, dan lainnya. Percikan seperti ini bisa menjangkau area lebih jauh dan lebih lama di udara daripada percikan liur yang besar," lanjutnya.

Davis menekankan bahwa demonstrasinya tidak menunjukkan berapa banyak virus Corona yang bisa keluar dari mulut dari tiap aktivitas. Ia hanya ingin menunjukkan bahwa masker bermanfaat dalam menghalangi percikan liur yang berisi mikroba.



Simak Video "Visualisasi Ini Tunjukkan Jenis Masker Paling Ampuh Menahan Droplet"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)