Senin, 29 Jun 2020 17:20 WIB

Risma Sujud ke IDI dan Menangis, Kenapa Seseorang Bisa Sangat Emosional?

Ayunda Septiani - detikHealth
Wali Kota Risma nangis-nangis dan sujud saat audiensi bersama IDI Jatim dan IDI Surabaya. Dia mengaku goblok dan tak pantas menjadi wali kota. Risma sujud sambil menangis di depan IDI. (Foto: Esti Widiyana)
Jakarta -

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sujud sambil menangis di hadapan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Bahkan, Risma sampai dua kali sujud saat melakukan audiensi dengan IDI Jatim dan IDI Surabaya.

Awalnya, Risma mendengarkan keluhan dari para dokter yang ada di rumah sakit rujukan di Balaikota Surabaya. Terkait perilaku sujud Risma di hadapan IDI, bisakah diartikan sedang menunjukkan rasa emosional?

Psikolog Veronica Adesla dari Personal Growth mengatakan, seseorang yang sedang emosi dapat dilihat dari beberapa hal. Seperti ekspresi, perkataan seseorang saat sedang berbicara, dan nada suara saat sedang berkomunikasi.

"Ekspresi emosi dapat dilihat dari konsistensi antara komunikasi verbal (isi pembicaraan, intonasi suara, dsb) dan komunikasi non verbal (gestur tubuh, microexpression dan macroexpression)," ujar Vero saat dihubungi detikcom, Senin (29/6/2020).

"Kondisi sangat emosional dapat tampak dari komunikasi yang konsisten dan sikap perilaku mengekspresikan emosi yang tampak sangat jelas, ekspresif, dan menonjol. Namun demikian kedalaman emosi tidak semata diukur melalui komunikasi yang tampak terlihat namun juga pada apa yang sungguh dirasakan di dalam dirinya," tambahnya.

Dihubungi secara terpisah, psikolog Nuzulia Rahma Tristinarum dari Psikolog Pro Help Center dan juga penulis buku menjelaskan, rasa emosional seseorang bisa berubah menjadi perilaku pada kejadian tertentu. Umumnya, kejadian tersebut dipicu oleh kejadian besar sehingga memicu respons spontan.

"Ketika orang bereaksi berbeda dari biasanya tentu ada proses yang berbeda juga yang terjadi dalam diri orang tersebut. Bisa diprediksikan pada kejadian ini ada sesuatu yang sangat besar yang dirasakan secara psikis sehingga muncul dalam bentuk perilaku," tegasRahma.



Simak Video "Heboh Jadi 'Zona Hitam' Corona, #SurabayaWani Puncaki Trending Topic"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)