Selasa, 30 Jun 2020 15:27 WIB

Kilas Balik 6 Bulan Pandemi Corona, Lebih dari 10 Juta Orang Sudah Terinfeksi

Firdaus Anwar - detikHealth
Sejumlah tenaga kesehatan mengenakan alat pelindung diri (APD) saat uji rapid test COVID-19 masal di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (4/6/2020). Kementerian Keuangan menyatakan hingga kini belum mengantongi data tenaga kesehatan (Nakes) dari pemerintah daerah yang menangani COVID-19, sehingga insentif untuk tenaga medis belum bisa dicairkan. ANTARA FOTO/FB Anggoro/nz Tenaga medis terus berjuang hadapi wabah virus Corona. (Foto: ANTARA FOTO/FB Anggoro)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut sudah enam berlalu sejak dunia pertama kali menemukan dan menghadapi virus Corona COVID-19. Virus ini hingga Selasa (30/6/2020), sudah menginfeksi lebih dari 10 juta orang dan menyebabkan sekitar 500 ribu kematian.

"Enam bulan yang lalu, tidak ada satupun di antara kita yang menyangka bagaimana dunia dan hidup kita akan dikacaukan oleh virus baru ini. Pandemi ini telah membawa keluar hal yang terbaik dan yang terburuk dari kemanusiaan," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dikutip dari situs resmi WHO, Selasa (30/6/2020).

Tedros menyebut agar momen ini dipakai untuk mengingat kembali apa yang masyarakat dunia sudah ketahui dan lakukan. Ia meminta agar semua orang memperkuat komitmennya demi menyelamatkan nyawa.

Berikut rangkuman perjalanan dunia dari awal COVID-19 ditemukan hingga sekarang:

31 Desember 2019

Media di China melaporkan soal pneumonia misterius di Wuhan. Kantor cabang WHO di China mengetahui berita ini dan diteruskan ke kantor regional.

Beberapa otoritas kesehatan langsung menghubungi WHO untuk mencari informasi lebih lanjut.

9 Januari 2020

WHO yang berkoordinasi dengan pemerintah China menetapkan kasus pneumonia misterius tersebut disebabkan oleh virus jenis baru. WHO untuk pertama kalinya menggelar telekonferensi dengan berbagai ahli dunia.

11 Januari 2020

Kantor berita di China melaporkan kematian pertama pasien yang terinfeksi virus Corona COVID-19.

13 Januari 2020

Kementerian Kesehatan Thailand melaporkan kasus COVID-19 pada pasien yang datang dari Wuhan. Ini adalah kasus COVID-19 pertama yang terkonfirmasi di luar China.

14 Januari 2020

WHO mengumumkan investigasi awal oleh otoritas China tidak menemukan bukti kuat COVID-19 bisa menular antarmanusia.

21 Januari 2020

WHO meralat pengumumannya. Kasus tenaga kesehatan yang terinfeksi menjadi bukti bahwa COVID-19 memang bisa menular antarmanusia.

23 Januari 2020

China mengambil keputusan untuk mengkarantina seluruh kota Wuhan. Menurut beberapa ahli karantina dengan skala sebesar ini jadi yang pertama dalam sejarah dunia.

24 Januari 2020

Prancis melaporkan tiga kasus COVID-19 pada orang yang datang dari Wuhan. Ini jadi kasus COVID-19 pertama yang terkonfirmasi di benua Eropa.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Brasil Mulai Uji Coba Vaksin COVID-19 Inggris untuk 2 Ribu Partisipan"
[Gambas:Video 20detik]