Rabu, 01 Jul 2020 08:36 WIB

Pemerintah China Klaim Obat Herbal Sebagai Solusi Tangani Pandemi Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Otoritas China melaporkan nol kasus baru virus Corona (COVID-19) untuk pertama kalinya sejak data mulai dilaporkan pada Januari lalu. Pemerintah China klaim obat herbal sebagai solusi tangani pandemi Corona. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Para ilmuwan di seluruh dunia hingga kini masih mencari kandidat obat potensial untuk pengobatan virus Corona. Di China sendiri, upaya untuk menyembuhkan dan memerangi COVID-19 melibatkan penggunaan obat tradisional China.

Sebuah dokumen yang dirilis baru-baru ini oleh pemerintah China mengklaim bahwa obat tradisional ini membantu menangani 92 persen kasus COVID-19 di seluruh negeri. Bahkan otoritas Beijing mengatakan enam obat tradisional China bisa berfungsi sebagai perawatan virus Corona.

Daftar itu termasuk Jinhua Qinggan yang dibuat selama wabah H1N1 2009. Obat tradisional itu berisi 12 komponen, di antaranya honeysuckle, mint dan liquorice. Obat China populer lainnya yang dipakai adalah Lianhua Qingwen.


"Kami bersedia berbagi pengalaman dan 'solusi China' dalam mengobati COVID-19 dan agar negara lain mengenal pengobatan China dan memahami dan menggunakan obat China," kata Kepala Administrasi Pengobatan Tradisional China, dikutip dari Medical Daily.Karena negara ini terus mencatat kasus COVID-19 yang baru, permintaan obat China juga meningkat. China juga ingin membawa pengobatan tradisional ini ke negara lain.

Namun, para ahli kesehatan menyoroti tentang keamanan obat-obatan tradisional. Institut Kesehatan Nasional AS bahkan mengatakan bahwa tak terlihat efektivitas obat China pada pasien COVID-19.



Simak Video "Memahami Rangkaian Tahapan Pembuatan Vaksin COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)