Jumat, 03 Jul 2020 05:30 WIB

Makin Banyak Pasien Corona RI yang Sembuh, Diklaim Terkait 2 Faktor Ini

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Seorang warga melintas di dekat Mural perjuangan Tim Medis melawan Covid-19 di daerah Limo, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Mural itu sebagai ucapan terima kasih kapada tim medis yang menangani pasien Corona. Virus Corona COVID-19 (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Jumlah pasien virus Corona yang sembuh di Indonesia nyaris mencapai angka 45 persen dari kasus terkonfirmasi. Penambahan jumlah pasien yang sembuh pada Kamis (2/7/2020) bahkan kembali mencatatkan rekor terbanyak yakni 1.072 kasus.

Faktor apa yang membuat jumlah pasien sembuh Corona di Indonesia semakin tinggi?

Menurut Juru bicara pemerintah dalam penanganan COVID-19, dr Achmad Yurianto, pelayanan rumah sakit yang kian optimal menjadi salah satu faktor meningkatnya jumlah pasien Corona yang sembuh di Indonesia.

"Dari sumber daya yang ada, tenaga kesehatan, dan lainnya bisa memberikan layanan dan rawatan secara optimal dan tidak terlalu capek," kata Yuri dalam siaran langsung BNPB melalui kanal YouTube, Kamis (2/7/2020).

Yuri juga menjelaskan, saat ini sudah banyak masyarakat yang sadar tentang bahaya COVID-19. Sehingga, kebanyakan di antara mereka yang datang ke rumah sakit adalah pasien-pasien dengan gejala ringan sampai sedang.

"Kemudian untuk kelompok-kelompok yang memiliki komorbid sebelumnya mereka sudah betul-betul menyadari bahwa mereka harus dilindungi bersama. Sehingga yang jatuh menjadi sakit untuk kelompok yang sudah memiliki penyakit komorbid ini juga relatif lebih sedikit," jelas Yuri.

"Inilah yang menjadi faktor angka sembuh ini menjadi semakin banyak," tuturnya.

Otomotif


Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)