Jumat, 03 Jul 2020 17:31 WIB

Peneliti Klaim Vaksin COVID-19 Bisa Hasilkan Kekebalan Bertahun-tahun

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Dapat Digunakan Tahun Ini: Australia Uji Coba Vaksin COVID-19 ke Manusia Ilustrasi vaksinasi. (Foto: ABC Australia)
Jakarta -

Peneliti vaksin virus Corona COVID-19 mengatakan kemungkinan kekebalan yang dihasilkan vaksin Corona nantinya bisa bertahan hingga beberapa tahun.

"Vaksin punya cara yang berbeda untuk berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh. Kami pun mengikuti orang-orang yang terlibat dalam studi kami menggunakan jenis teknologi yang sama untuk membuat vaksin selama bertahun-tahun, dan respon imun yang terlihat masih kuat," kata Profesor Gilbert, yang dikutip dari Daily Star, Jumat (3/7/2020).

"Hal ini masih harus terus diuji sampai kami mendapat data yang benar. Tetapi, kami optimis bisa mendapatkan durasi kekebalan yang bagus berdasarkan penelitian sebelumnya, setidaknya untuk beberapa tahun," lanjutnya.

Profesor Gilbert mengatakan kekebalan yang didapat dari vaksin ini mungkin akan jauh lebih baik, dibandingkan imunitas yang didapatkan secara alami oleh tubuh. Ia pun berharap vaksin ini bisa segera tersedia dan menyelamatkan masyarakat di Inggris

Ketua gugus tugas vaksin di Inggris, Kate Bingham, juga berharap vaksin tersebut bisa tersedia di awal tahun depan. Ia pun menambahkan mungkin vaksin Oxford menjadi salah satu vaksin dengan hasil yang efektif.



Simak Video "Ratusan Juta Vaksin Virus Corona Diprediksi Siap Akhir 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)