Jumat, 03 Jul 2020 18:01 WIB

Viral, Jenazah Pasien Corona di India Dibuang ke Dalam Lubang

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Jenazah pasien Corona di India dibuang ke dalam lubang. Jenazah pasien Corona di India dibuang ke dalam lubang. (Foto: Tangkapan layar dari Twitter)
Jakarta -

Viral di media sosial, sebuah rekaman video yang menunjukkan diduga petugas kesehatan di India sedang membuang jenazah pasien Corona ke dalam lubang besar.

Dikutip dari Independent, di dalam video ada beberapa petugas dengan alat pelindung diri (APD) lengkap membuang kantong-kantong mayat ke dalam lubang. Diketahui kejadian tersebut berlokasi di distrik Ballari, negara bagian Karnataka, India.

Video tersebut viral di media sosial setelah dibagikan oleh anggota kongres Karnataka DK Shivakumar melalui akun twitter pribadi miliknya, Selasa (30/6/2020).

"Sangat mengganggu melihat tubuh pasien Corona yang telah meninggal dibuang secara tidak manusiawi ke dalam sebuah lubang di Ballari," tulis Shivakumar dalam tweetnya.

"Apakah ini beradab? Ini adalah cerminan bagaimana pemerintah menangani krisis Corona. Saya mendesak pemerintah untuk mengambil tindakan segera dan memastikan bahwa ini tidak terjadi lagi," lanjutnya.

Pemerintah negara setempat telah mengonfirmasi kebenaran video tersebut. Mereka pun meminta maaf kepada keluarga dari pasien Corona yang tidak diperlakukan secara manusiawi.

"Kami telah mengeluarkan surat permintaan maaf tanpa syarat kepada keluarga korban. Kami sangat tersinggung dengan ini dan kami sangat menyesal. Kami mengutuk cara jenazah diperlakukan seperti itu. Mereka seharusnya diperlakukan lebih manusiawi," ujar pejabat senior distrik SS Nakula, dikutip BBC Hindi.



Simak Video "Apakah Jenazah Pasien Corona Bisa Menularkan Virus? Ini Kata WHO!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)