Jumat, 03 Jul 2020 18:31 WIB

336 Orang Terinfeksi Corona di Kalbar, 20 Persennya Tenaga Medis

Ayunda Septiani - detikHealth
Para tenaga medis terus berjuang lawan pandemi COVID-19. Beragam tindakan preventif hingga penanganan bagi pasien dilakukan agar pandemi dapat segera teratasi. 20 persen dari 336 yang terinfeksi virus Corona di Kalimantan Barat adalah tenaga medis. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji dalam siaran langsung bersama BNPB, Jumat (3/7/2020), mengatakan ada 336 orang yang terinfeksi virus Corona di wilayahnya. Sekitar 20 persen dari jumlah tersebut terdiri atas tenaga medis.

"Nah yang menarik di Kalbar ini adalah, dari 336 kasus 20 persennya perawat dan dokter," ujar Sutarmidji.

Menurut Sutarmidji masyarakat yang terpapar oleh virus Corona di Kalbar jika dilihat dari sisi ekonomi sebenarnya orang-orang yang seharusnya tidak terpapar.

"Bukan masyarakat biasa, bahkan ada pengusaha, anggota DPRD kemudian pegawai negeri. Malah masyarakat yang berkerumun itu tidak," katanya.

Sutarmidji terus mengupayakan menjaga zona-zona yang aman dari virus Corona agar tak terjadi penularan di area tersebut.

"Nah yang harus saya jaga sekarang ini, saya bukan bicara zona hijau, yang bahaya itu kalau zona hijau kemudian dia kembali jadi orange atau kuning, itu yang jadi masalah," kata Sutarmidji.

"Saat ini Kalbar tingkat kesembuhan di atas 82 persen, yang kita perlu jaga imunitas mereka dengan memberikan asupan makan yang sama seluruh Kalbar. Saya terus pantau terus setiap pagi rumah sakit menunya apa, supaya saya bisa kontrol," pungkasnya.



Simak Video "Inilah Sumber Penularan Virus Covid-19 ke Kelompok Rentan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)