Sabtu, 04 Jul 2020 05:20 WIB

Jateng Targetkan Angka Kematian Corona Turun di Bawah 4 Persen

Dian Utoro Aji - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Virus Corona COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Kudus -

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menargetkan untuk menekan angka kematian karena penyakit COVID-19 di bawah empat persen. Angka kematian karena COVID-19 di Jateng saat ini mencapai tujuh persen.

"Terkait kasus angka meninggal (karena COVID-19) sebesar tujuh persen dari semua kasus. Artinya di Jateng kita turunkan di bawah empat persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo kepada wartawan di sela-sela kegiatan serah terima Jogo Tonggo Kit di pendopo Kabupaten Kudus, Jumat (3/7/2020).

Yulianto menjelaskan, angka kematian karena COVID-19 di Jateng terbilang rendah. Karena jika dibandingkan dengan angka kesembuhan Corona sudah mencapai di atas 50 persen.

"Angka kesembuhan di awal 15 persen. Sekarang sudah 50 persen lebih," lanjut dia.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi angka kesembuhan yang terus meningkat. Di antaranya penemuan kasus Corona sejak dini. Karena ketika kasus ini ditemukan sejak awal maka penanganan kasus segera terobati.

"Prinsipnya kuncinya penemuan sejak dini. Gejala masih ringan diobati memungkinkan," kata Yulianto.

"Kalau sudah ada penyakit penyerta itu memberat fatalitas tinggi. Kemudian (faktor) umur, lalu mobilitas penduduk masyarakat semakin mobile semakin meningkat, seperti Semarang," sambung dia.

Lebih lanjut, Yulianto menjelaskan, ada dua pengertian jika suatu daerah angka kasus Corona terus meningkat. Pertama karena penyakit bertambah banyak yang kedua karena penemuannya banyak.

"Ada dua pengertian, penyakit bertambah banyak itu jelek. Tapi kalau temuannya yang banyak itu bagus (karena segera tertangani)," ujar dia.

Untuk saat ini, di Jateng ada sebanyak 11 laboratorium PCR di sejumlah sakit di Jateng. Seperti Brebes, Magelang, dan di Kudus.

"Kalau jumlah lab PCR di Jateng ada 11 laboratorium ditambah enam rumah sakit daerah seperti Brebes, Magelang yang lain ada PCRnya sendiri," tandas Yulianto.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)