Selasa, 07 Jul 2020 11:23 WIB

Virus Corona Bisa Masuk ke Sistem Endokrin dan Picu Berbagai Penyakit

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Doctor examines corona or covid-19 virus patient in the clean room with covid 19 and restricted area sign in front of the room Virus Corona bisa memicu penyakit. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Infeksi virus Corona diketahui berbahaya bagi manusia, terutama yang memiliki penyakit komorbid atau penyerta dan orang-orang lanjut usia. Tak hanya itu, virus ini juga bisa menyebabkan komplikasi, seperti kerusakan paru-paru, otak, hingga saluran pencernaan yang bersifat permanen.

Belakangan para peneliti Sri Lanka mengatakan virus Corona COVID-19 ini juga bisa merusak sistem endokrin tubuh. Ini adalah sistem penting yang terdiri dari kumpulan kelenjar penghasil hormon yang mengatur metabolisme, fungsi jaringan, reproduksi, pertumbuhan, pola tidur, hingga suasana hati.

Sistem endokrin terdiri dari kelenjar hipofisis, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, kelenjar adrenal, pankreas, ovarium, dan testis. Mengutip The Health Site, penyakit diabetes dan gangguan tiroid adalah masalah umum yang muncul dari gangguan sistem endokrin.

Virus masuk ke sel endokrin dan memicu penyakit

Para peneliti dari Rumah Sakit Sri Lanka mengungkapkan, orang dengan gangguan endokrin kondisinya bisa memburuk karena COVID-19. Hal ini terjadi karena SARS-CoV-2 yang saling berikatan dengan reseptor ACE2 membuat virus bisa masuk ke sel endokrin.

Untuk membuktikannya, peneliti mempelajari kembali wabah SARS yang mirip dengan virus Corona ini untuk melihat keterkaitan antara sistem endokrin dengan COVID-19.

Menurut penelitian yang terbit dalam Journal of the Endocrine Society, infeksi virus ini juga bisa menyebabkan hilangnya indra penciuman dan masuk ke otak.

Bisa menyebabkan diabetes

Menurut para peneliti, COVID-19 bisa menyebabkan diabetes bahkan memperburuk kondisi orang yang memiliki penyakit tersebut. Ini terjadi karena virus Corona menempel pada ACE2 dan mengganggu produksi insulin, sehingga menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Memicu gangguan tiroid

Peneliti dari University Hospital Pisa mengatakan COVID-19 juga bisa menyebabkan penyakit tiroid pada pasien. Berdasarkan Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism di Oxford, para peneliti mengungkap virus Corona bisa memicu tiroiditis subakut yaitu suatu kondisi yang menyebabkan peradangan pada kelenjar tiroid.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)