Kamis, 09 Jul 2020 16:36 WIB

Jabar Terbanyak Sumbang Rekor Corona 9 Juli, Didominasi dari Cluster Secapa

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sebanyak 200 pegawai dari berbagai instansi di lingkungan Kecamatan Senen menjalani test swab. Hal ini dilakukan guna mencari orang tanpa gejala yang terjangkit COVID-19. Virus Corona COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Pertama kalinya Indonesia mencatatkan rekor kasus baru virus Corona COVID-19 sebanyak lebih dari 2 ribu orang. Per 9 Juli, terdapat penambahan kasus baru sebanyak 2.657 sehingga total menjadi 70.736.

Juru bicara pemerintah dalam penanganan COVID-19, dr Achmad Yurianto mengatakan kasus penambahan Corona yang cukup banyak terdapat di Provinsi Jawa Barat dengan 962 kasus.

"Penambahan yang cukup banyak di Provinsi didapatkan dari cluster yang sudah selesai dilakukan penyelidikan epidemiologi sejak tanggal 29 Juni yaitu cluster di Pusat Pendidikan Sekolah Calon Perwira TNI-AD," sebut dr Yuri dalam konferensi pers di BNPB pada Kamis (9/7/2020).

Adapun total kasus positif yang didapatkan dari cluster tersebut sebanyak 1.262 orang yang terdiri dari peserta didik dan tenaga pelatih di sana.

Dari jumlah yang diidentifikasi, hanya ada 17 orang yang saat ini dirawat dan diisolasi di RS Dustira Cimahi karena merasakan keluhan meski derajat keluhannya ringan.

"Di antaranya keluhan demam dan beberapa mengeluh di pernapasannya baik batuk maupun agak sesak," tuturnya.

Sementara sisa lainnya sebanyak 1.245 disebutkan tidak mengalami keluhan apapun dan saat ini semuanya dikarantina di wilayah Pusat Pendidikan Sekolah Calon Perwira TNI-AD di Bandung.

Seluruh kompleks pendidikan calon perwira Angkatan Darat di Bandung digunakan untuk isolasi dan karantina serta dilarang pergerakan orang masuk maupun keluar wilayah tersebut. Pengawasan ini dilakukan secara ketat oleh KODAM 3 Siliwangi yang memantau terus menerus sepanjang hari.

"Sampai hari ini kami mendapat laporan seluruh peserta yang dipantau dan melaksanakan isolasi dalam keadaan baik," pungkas Yuri.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)