Rabu, 15 Jul 2020 13:13 WIB

Anak Rentan Terserang Batuk-Pilek? Kenali Gejala & Sesuaikan Obatnya

Content Promotion - detikHealth
Hufagripp Foto: dok HUFA
Jakarta -

Bukan perkara mudah merawat anak yang sedang sakit. Padahal anak-anak cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah dari orang dewasa. Sehingga mereka rentan terkena penyakit terutama flu, batuk dan pilek.

Melansir Web MD, flu, batuk dan pilek memang sangat menular, terutama ketika anak-anak melakukan kontak jarak dekat dengan penderita. Virus ini menyebar ketika anak-anak terpapar droplet orang yang terinfeksi. Flu bisa menyebar sehari sebelum gejalanya dimulai dan 5-7 hari setelah sakit.

Virus ini dapat dengan mudah berpindah dari satu anak ke anak lain karena anak-anak biasanya kurang bisa menjaga jarak antara satu dengan lainnya. Mereka suka bermain bersama, bahkan berbagi barang-barang seperti pensil, remot, sendok, dan garpu.

Namun ibu jangan bingung atau cepat khawatir karena ternyata sakit ringan tersebut adalah sesuatu yang wajar dialami anak. Sakit di usia anak-anak sebenarnya merupakan bagian dari penyesuaian daya tahan tubuhnya yang belum sempurna.

Oleh sebab itu, menyediakan obat flu, batuk, dan pilek yang dijual bebas di apotek di kotak obat menjadi langkah yang bijak. Ketika anak mengalami gejala sakit flu, batuk, dan pilek, ibu tak perlu lagi khawatir karena bisa memberikan obat tersebut sebagai pertolongan pertama di rumah. Namun pastikan ibu selalu menyediakan obat yang sesuai antara kandungan dengan gejala yang dapat diobatinya.

Salah satu obat penyakit ringan yang dapat ibu pilih adalah Hufagripp yang diproduksi oleh PT Gratia Husada Farma atau yang dikenal dengan HUFA. Hufagripp tersedia dalam beberapa varian warna.

Setiap warna berbeda kandungan dan manfaatnya. Berikut penjelasannya.

1. Hufagripp Flu dan Batuk Warna Kuning

Hufagripp

Jika si kecil mengalami flu dengan disertai demam, sakit tenggorokan dan bersin-bersin, ibu dapat memilih Hufagripp Flu warna kuning dengan kandungan Paracetamol, Pseudoephedrine HCI, Chlorphenamine Maleate (CTM), dan Glyceryl Guaiafenesin sebagai obat yang dapat meredakan gejala flu.

2. Hufagripp Batuk dan Pilek Warna Hijau

Hufagripp

Jika si kecil mengalami gejala batuk dan pilek, ibu bijak dapat memberikan obat sirup seperti Hufagripp BP (Batuk Pilek) warna hijau yang mengandung Dextromethorphan, Pseudoephedrine HCI dan Chlorphenamine Maleate (CTM).

3. Hufagripp Pilek Warna Biru

Hufagripp

Gejala lain ketika si kecil terkena pilek salah satunya yaitu bersin-bersin, hidung tersumbat dan juga rasa sakit pada tenggorokan. Sebelum lebih berat, sebaiknya dilakukan tindakan pencegahan melalui Hufagripp Pilek warna biru yang mengandung Pseudoephedrine dan Chlorpheniramine Maleate (CTM).

4. Hufagripp TMP Warna Merah

Hufagripp

Ketika si kecil terkena demam atau mengalami sakit kepala, ibu bijak bisa menggunakan Hufagripp TMP warna merah yang memiliki kandungan Ibuprofen sebagai zat aktif pereda demam dan nyeri.

Dari keempat jenis produk Hufagripp, penting bagi ibu bijak untuk menentukan gejala mana yang cocok untuk setiap produk, sebab beda gejala beda warna Hufagripp nya.

Untuk membantu agar kondisi si kecil cepat pulih ditengah sakit, ibu bijak bisa memberikan tambahan suplemen lengkap yang kaya akan vitamin dan mineral untuk mendorong daya tahan dan imunitas tubuh si kecil lewat suplemen H-Booster.

Terdiri atas kumpulan vitamin dan mineral, H-Booster dapat mempercepat proses penyembuhan di kala sakit. Dengan terjaganya daya tahan tubuh si kecil dapat terhindar dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Berikut ini adalah kumpulan vitamin dan mineral dalam H-Booster untuk si kecil dan manfaatnya untuk memelihara kesehatan tubuh.

1. Vitamin C (Sodium Ascorbate)

Vitamin C berperan sebagai antibakteri, antivirus, dan antioksidan yang mampu menjaga serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Daya tahan tubuh yang kuat dapat membantu untuk melawan infeksi, menunjang obat, serta mempercepat proses penyembuhan ketika sakit.

2. Vitamin B3 (Nicotinamide), Vitamin B5 (Dexpanthenol) dan Vitamin B6 (Pyridoxine Hcl)

Vitamin B3, B5 dan B6 berguna untuk memperbaiki sel-sel yang rusak akibat sakit flu, batuk, pilek, serta demam sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi penyakit. Vitamin B5 dan B6 juga membantu meningkatkan produksi sel darah putih (leukosit) yang berfungsi untuk melawan virus dan bakteri di dalam tubuh. Sedangkan, Vitamin B3 juga berguna untuk mempertahankan sirkulasi darah yang membawa oksigen ke seluruh organ tubuh.

3. Vitamin E (Alpha Tocopheryl)

Vitamin E bertindak sebagai antioksidan dan meningkatkan produksi sel darah putih (leukosit) untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan si kecil rentan mengalami penyakit. Di sisi lain, vitamin E juga dapat melindungi sel darah merah (eritrosit) yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen ke seluruh organ tubuh.

4. Zinc Picolinate

Zinc adalah mineral yang berguna untuk memperkuat kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi, detoksifikasi serta membantu penyembuhan dari flu, batuk, pilek, dan demam. Sehingga obat yang dikonsumsi dapat bekerja lebih efektif dan cepat.

5. Selenium (Sodium Selenite)

Selenium bertindak sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari infeksi, mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas serta memperbaiki sel-sel yang rusak. Namun, H-Booster ini hanya bersifat sebagai pendamping serta penunjang obat, bukan sebagai obat utama untuk mengatasi penyakit. H-Booster juga bisa dijadikan suplemen khusus untuk memperkuat daya tahan tubuh si kecil.

H-Booster yang berbentuk sirup rasa jeruk pasti disenangi oleh si kecil. Namun perlu diingat H-Booster hanya dapat dikonsumsi oleh anak-anak di atas satu tahun.Ibu juga harus jeli membaca aturan pakai dan memberikan H-Booster dengan takaran sesuai usia si kecil.

Sebagai informasi, PT Gratia Husada Farma atau yang lebih dikenal dengan HUFA merupakan produsen obat yang telah berdiri lebih dari 45 tahun dan memiliki berbagai ragam jenis obat di pasaran, mulai dari suplemen obat untuk anak, multivitamin, suplemen penambah darah, hingga antibiotik. Salah satunya yaitu Hufagripp (@Hufagripp) dan H-Booster (@Hbooster).

(ads/ads)