Kamis, 16 Jul 2020 12:02 WIB

Pasca Sembuh dari COVID-19, Kaki dan Tangan Wanita Ini Diamputasi

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi pasien di rumah sakit Sembuh dari COVID-19, kaki dan tangan wanita ini diamputasi. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Seorang wanita asal Bedford, Inggris harus rela kehilangan kaki dan kedua tangannya setelah pulih dari infeksi virus Corona COVID-19. Kondisi ini dialaminya karena mengalami reaksi yang ekstrim akibat infeksi Corona.

Wanita yang diketahui bernama Caroline Coster didiagnosis terinfeksi virus Corona pada Maret lalu. Ia harus berjuang melawan virus Corona selama dua minggu.

Setelah pulih dari COVID-19, wanita berusia 58 tahun ini didiagnosis mengalami infeksi di dada dan dibawa ke rumah sakit kembali untuk memeriksa kondisinya kala itu. Setelah diperiksa, ia mengidap sepsis atau reaksi ekstrim terhadap infeksi Corona yang merusak beberapa sistem organ.

Tidak lama setelah itu, ia disebut koma selama hampir satu bulan. Selama itu, dokter hampir mematikan mesin perawatannya karena kondisi kesehatannya yang terus menurun.

"Selama koma, saya merasa seperti ada di video game. Saat mesin permainan dimatikan, saya juga (mati)," ungkapnya, dikutip dari BBC, Kamis (16/7/2020).

Setelah koma dalam waktu yang cukup lama, ibu dari dua anak itu akhinya bisa pulih. Tetapi, dokter mengatakan aliran darah ke beberapa organ tubuhnya terhambat, sehingga tangan serta kakinya kehilangan darah dan menghitam.

"Mereka (kaki dan tangan) hitam seperti mumi mesir," kata Coster.

Kondisi itulah yang membuat kedua kaki dan tangan Coster terpaksa harus diamputasi. Meski begitu, ia merasa beruntung bisa melewati masa mengerikan karena infeksi COVID-19.

"Aku sangat menyadari betapa beruntungnya aku," kata Coster.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)