Kamis, 16 Jul 2020 12:50 WIB

Survei: 59 Persen Warga Surabaya Percaya Kecil Kemungkinan Terkena Virus Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Antrean Warga Rapid Test Massal Abaikan Physical Distancing Sebagian besar warga Surabaya percaya kecil kemungkinan terpapar Corona. (Foto: Amir Baihaqi)
Jakarta -

Surabaya menjadi salah satu kota di Indonesia dengan kasus virus Corona tinggi. Maka dari itu, LaporCovid-19.org dan Social Resilience Lab NTU melakukan studi terkait persepsi risiko masyarakat Surabaya terkait Corona.

Hasil survei menunjukkan sebagian besar warga Surabaya percaya sangat kecil kemungkinan terpapar virus Corona COVID-19. Lebih dari 50 persen warga yang mengikuti studi tersebut dilaporkan percaya kecil kemungkinan terpapar Corona.

Ada sebanyak 36 persen dari 2.895 orang yang percaya 'sangat kecil' kemungkinan mereka tertular virus Corona dan 23 persen percaya 'kecil' kemungkinan terpapar Corona. Sehingga totalnya sebanyak 59 persen yang menilai mereka tidak berisiko terpapar virus Corona.

Dari data yang dikumpulkan sejak 19 Juni hingga 10 Juli 2020, 25 persen warga lainnya memilih kategori 'sedang' bahwa mereka percaya bisa terpapar Corona. Sebanyak 10 persen lainnya percaya 'besar' atau sangat mungkin terpapar virus Corona.

"Ada sekitar 59 persen jadi mayoritas mengatakan cenderung menganggap enteng kemungkinan mereka akan tertular virus Corona," jelas Sulfikar Amir PhD, associate professor sosiologi kebencanaan dari Nanyang Technological University Singapura dalam webinar persepsi risiko Surabaya terhadap COVID-19, Kamis (16/7/2020).

"Nah ini yang harus diperhatikan," tegas Sulfikar.

Sulfikar menilai persepsi risiko warga Surabaya terkait Corona rendah karena 70 persen responden mengaku tidak mengenal atau tidak tahu orang yang terpapar virus Corona COVID-19. "Ada 70 persen responden yang tidak mengenal atau tidak tahu mereka terkena COVID-19 jadi ini cukup signifikan terhadap persepsi risiko," lanjut Sulfikar.

Sementara itu protokol kesehatan Corona di Surabaya menurut hasil survei sudah dijalankan dengan baik. Ada 83 persen warga yang selalu memakai masker, 43 persen warga rutin mencuci tangan, dan 60 persen warga yang mengikuti survei tersebut mematuhi aturan jaga jarak.



Simak Video "Kelompok Rentan yang Berisiko Terkena Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)