Jumat, 17 Jul 2020 17:05 WIB

Penyandang Diabetes Masih Boleh Konsumsi Manis? Cek Faktanya

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Gula Diabetes Foto: shutterstock
Jakarta -

Diabetes atau kencing manis menjadi salah satu penyakit yang menimpa banyak orang. Penyakit ini sering kali dikaitkan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula secara berlebih, sehingga makanan dan minuman tinggi gula acap kali jadi musuh para penyandang diabetes. Benarkah demikian?

Faktanya, dilansir dari Jurnal National Diabetes Education Program, penderita diabetes harus mengontrol pola makan harian guna menjaga keseimbangan kadar gula darah. Namun, bukan berarti diabetesi harus menghindari makanan dan minuman manis secara total.

Diabetes masih dapat mengonsumsi gula selama jumlahnya dibatasi sesuai anjuran, dan tidak melupakan pola makan sehat. Konsumsi gula harus dihitung sebagai total asupan karbohidrat, sehingga pola makan harian perlu disesuaikan.

Berdasarkan Jurnal American Diabetes Association bahwa makanan dan minuman yang mengandung gula tersebut cenderung tinggi kalori namun rendah kandungan gizinya. Ada baiknya memilih alternatif rasa manis yang lebih sehat seperti buah.

Konsumsi berbagai jenis buah yang bervariasi, seperti apel, pir, dan strawberry, yang bermanfaat melengkapi kebutuhan nutrisi harian. Namun, pilihlah buah segar atau produk olahan buah lain yang tidak ditambahkan gula.

Sebagai informasi, untuk menambahkan rasa manis pada makanan atau minuman favorit, diabetesi dapat menggunakan Tropicana Slim Sweetener Honey, pemanis yang mengandung kalori lebih rendah namun dengan kemanisan yang sama, sehingga tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara signifikan.

Tak lupa, selalu jaga pola makan harian dengan:

  • Utamakan memilih makanan yang memiliki indeks glikemik rendah seperti sayuran dan produk bijian utuh
  • Batasi konsumsi gorengan
  • Batasi konsumsi makanan tinggi gula, karbohidrat, dan lemak
  • Pilih sumber protein rendah lemak seperti ikan, telur, susu rendah lemak, dan kacang-kacangan
  • Konsumsi sayuran, terutama sayuran hijau
  • Konsumsi buah sebanyak 2-3 porsi.


Simak Video "Penyandang Diabetes Tetap Aman Pergi ke RS saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)