Senin, 20 Jul 2020 09:45 WIB

Penjelasan Dokter RSHS Soal Wanita Tasik yang Hamil 1 Jam Lalu Melahirkan

Siti Fatimah - detikHealth
Seorang ibu di Tasikmalaya melahirkan anak setelah hamil satu jam Seorang ibu di Tasikmalaya mendadak hamil lalu melahirkan satu jam kemudian (Foto: Deden Rahadian)
Topik Hangat Hamil Dadakan

Ruswana menyarankan, setelah 40 hari dari melahirkan ada baiknya ibu mengikuti program KB (Keluarga Berencana) yang tidak berpengaruh pada kegiatan menyusui. Fungsinya, agar kehamilan lebih terkontrol dan terencana.

"Sebaiknya ibu ini ikut KB saja, pada hari ke 40 ibu bisa memilih KB yang cocok, nanti bidan dan puskesmas akan memeriksa keadaan umumnya. Bisa memilih pil KB menyusui, suntik setiap tiga bulan yang tidak mengganggu menyusui, atau implan untuk tiga tahun," pungkasnya.

Dia mengatakan, kehamilan cyptic memang sangat jarang terjadi namun masih dikatakan normal dan suatu kejadian yang biasa. Pada 2019 lalu, Ruswana juga menangani hal serupa di bulan Oktober dan November.

"Iya hal biasa, hanya saja ibu tidak merasakan tanda-tanda. Kalau di usia 30 tahun ke atas dan disertai penyakit penyerta seperti darah tinggi, TBC, Hepatitis dan penyakit infeksi lainnya maka kehamilan akan lebih berisiko tetapi mudah untuk dilihat tanda-tandanya," ujarnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(up/up)
Topik Hangat Hamil Dadakan