Selasa, 21 Jul 2020 19:10 WIB

Viral Anak-Ibu di Sulut Berhubungan Seks, Ini Kemungkinan Psikologisnya

Elsa Himawan - detikHealth
Tim Tarsius Polres Bitung amankan anak dan ibu yang disebut melakukan inses (YouTube Team Tarsius 86) Tim Tarsius Polres Bitung amankan anak dan ibu yang disebut melakukan inses (YouTube Team Tarsius 86)
Jakarta -

Baru-baru ini geger kasus hubungan intim dengan satu darah atau inses. Seorang ibu berinisial R (51) dan anaknya yang berinisial TP (26) diamankan polisi usai nyaris diamuk warga yang geram atas perilaku keduanya di Bitung, Sulawesi Utara. Ibu dan anak itu melakukan hubungan seks sedarah alias inses.

Suami R sendiri sedang melaut dan diperkirakan akan pulang pada Desember mendatang. Perilaku ini akhirnya menimbulkan sejumlah pertanyaan, bagaimana mungkin seseorang bisa melakukan hubungan intim dengan satu darah?

Menurut psikolog klinis Kasandra Putranto dari Kasandra & Associate peristiwa yang dialami R dan TP bisa terjadi karena berada di bawah pengaruh zat alkohol atau miras. Sehingga untuk mengetahui penyebab inces lainnya dari kejadian ini, perlu dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

"Kalau yang saya lihat dari kasus ini, tentu ada kaitannya dengan berada di bawah pengaruh zat alkohol ya atau miras," ujar psikolog Kasandra saat dihubungi detikcom, Selasa (21/07/2020).

"Nah, dalam hal ini tentu saja sebenarnya harus dilakukan pemeriksaan menyeluruh untuk membuktikan kondisi tersebut dan tentu saja untuk mengetahui motif lain dari pelaku mengapa bisa melakukan tindakan ini?" tambah Kassandra.

Sementara Made Diah Ayu Anggreni, MPsi psikolog dari Personal Growth menyebut perilaku ini ada kaitannya dengan kontrol diri dan kesempatan.

"Jika kontrol diri rendah, maka individu akan melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan norma tanpa adanya pertimbangan (impulsif)," kata Diah dihubungi secara terpisah.



Simak Video "Tips 3K agar Mental Tetap Sehat saat Berjuang Lawan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)