Rabu, 22 Jul 2020 17:45 WIB

Relawan Uji Vaksin Corona Sinovac Wajib Tinggal di Bandung

Siti Fatimah - detikHealth
Puskesmas Kecamatan Gambir aktif melakukan tes swab mencari orang tanpa gejala yang terinfeksi COVID-19. Mereka menyasar petugas PPSU dan para pedagang pasar. Virus Corona COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)

Usia subjek menjadi pertimbangan karena pihaknya menilai, usia tersebut masuk pada usia produktif. Diharapkan vaksin yang dimasukkan ke dalam tubuh dapat bekerja secara optimal.

"Di usia produktif semua yang kita lakukan, antara usia 19 sampai 59 tahun. Kalau kita melakukan untuk anak-anak dan orang tua, itu desain penelitiannya harus beda. Karena yang kena COVID-19 kebanyakan orang dewasa, orang yang sedang bekerja," kata Kusnandi.

Meskipun pendaftaran relawan belum dibuka, Kusnandi menuturkan sudah banyak pendaftar yang masuk salah satunya beberapa dokter dari Rumah Sakit Jakarta.

"Tapi saya tolak, itu pegawai rumah sakit sama dokternya. Karena mereka tidak tinggal di Bandung, susah kita mengawasinya. Yang mendaftar juga sudah banyak yang ingin ikut, tapi kan kita belum mulai, nanti awal Agustus," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Benarkah Usai Vaksinasi Masyarakat Bisa Hidup Normal Tanpa Masker?"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)