Kamis, 23 Jul 2020 15:16 WIB

3 Tips Simpel Ini Diklaim Bisa Hentikan Pandemi Corona di Seluruh Dunia

Ayunda Septiani - detikHealth
Petugas melakukan tes swab Corona di Pasar Sayur Cipulir, Jaksel, Kamis (25/6). Tes tersebut sebagai upaya untuk mengetahui persebaran virus Corona di daerah tersebut. Virus Corona COVID-19 (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Sebuah studi baru menyatakan bahwa jika orang mencuci tangan secara teratur, mengenakan masker, dan menjaga jarak sosial satu sama lain dapat, maka pandemi virus Corona COVID-19 bisa dihentikan.

Dikutip dari laman CNN, studi yang dipublikasikan dalam jurnal PloS Medicine, menciptakan model baru untuk melihat bagaimana penyebaran virus Corona dan upaya untuk pencegahan COVID-19. Tingkat kontak dalam penelitian ini didasarkan pada interaksi orang-orang di Belanda, tetapi model ini sesuai untuk negara-negara Barat lainnya.

"Epidemi besar dapat dicegah jika kepatuhan tindakan ini melebihi 50 persen," kata para peneliti di University Medical Center Utrecht.

Namun, jika masyarakat terlambat untuk tidak disiplin terhadap protokol kesehatan, tetapi pada akhirnya bisa mengubah perilaku mereka untuk lebih disiplin terhadap protokol kesehatan, maka dapat mengurangi jumlah kasus virus Corona.

Jika jaga jarak yang diwajibkan oleh pemerintah bisa dibarengi dengan kesadaran masyarakat, maka peningkatan jumlah kasus Corona dapat dikurangi.

"Selain itu, efek kombinasi dengan kesadaran sendiri adalah aditif," tulis para peneliti. "Secara praktis, ini berarti bahwa SARS-CoV-2 tidak akan menyebabkan wabah besar di negara di mana 90 persen populasi menerapkan cuci tangan dan jarak sosial yang berguna 25 persen," tambahnya.

Para peneliti mengatakan bahwa pemerintah harus mendisiplinkan masyarakatnya tentang bagaimana virus Corona menyebar dan meningkatkan kesadaran mereka tentang pentingnya menjaga jarak, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Jika kita semua menggunakan masker untuk empat, enam, delapan, dan 12 minggu ke depan, di seluruh negara. Penularan virus Corona akan berhenti," kata Dr Robert Redfield.

Selain itu, Laksamana Brett Giroir, seorang anggota gugus tugas virus Corona di Gedung Putih, dalam sebuah pengarahan dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS mengatakan bahwa masker dan jarak fisik dapat dengan cepat menghentikan penyebaran pandemi.

"Fakta-fakta sederhana ini benar-benar dapat mematikan wabah tanpa benar-benar mematikan daerah Anda," punglas Giroir.



Simak Video "WHO Minta Tiap Negara Transparan soal Kasus COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)