Kamis, 23 Jul 2020 18:03 WIB

Tumor Payudara Jinak dan Ganas, Ini Perbedaannya!

Lusiana Mustinda - detikHealth
Woman hand checking lumps on her breast for signs of breast cancer on gray background. Healthcare concept. Tumor payudara. Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato
Jakarta -

Tumor payudara dapat terasa ketika ada benjolan setelah diraba. Tumor adalah massa jaringan abnormal. Ada dua jenis tumor payudara yaitu tumor yang tidak mengarah ke kanker atau jinak dan tumor ganas yang bisa menjadi kanker.

Penyebab tumor payudara hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Namun beberapa penyebabnya bisa terkait karena paparan radiasi, pemakaian kontrasepsi oral, faktor hormonal hingga gaya hidup.

Ciri-ciri tumor payudara yang mudah dikenali adalah benjolan yang memiliki batas yang jelas dengan jaringan disekitarnya ini terjadi pada tumor payudara jinak, sedangkan tepi benjolan yang tidak jelas lebih mengarah ke tumor payudara ganas. Selain itu, benjolan tumor payudara jinak biasanya memiliki konsistensi kenyal dan lunak. Sedangkan tumor payudara ganas lebih terasa keras kalau diraba.

Kemudian ciri-ciri tumor payudara lainnya adalah benjolan akibat tumor payudara jinak umumnya mudah digerakkan. Namun jika tumor payudara ganas tidak dapat digerakkan seolah-olah menyatu dengan jaringan lain di sekitarnya. Perempuan yang mengidap tumor payudara ganas, perubahan jaringan dan struktur kulit lebih mudah dikenali. Biasanya tandanya muncul kerutan pada kulit payudara dan puting yang tertarik ke dalam.

Berikut jenis-jenis tumor payudara yang dikutip dalam National Breast Cancer:

1. Tumor payudara jinak

Ketika suatu tumor didiagnosis sebagai jinak, dokter biasanya akan membiarkan sendiri tanpa perlu mengangkatnya. Namun untuk beberapa kasus yang tumornya terus tumbuh sampai menekan organ lain dan menyebabkan rasa sakit, dokter biasanya menyarankan untuk mengangkat tumor tersebut.

2. Tumor ganas

Tumor ganas bersifat kanker dan agresif karena menyerang dan dapat merusak jaringan di sekitarnya. Ketika tumor payudara diduga ganas, dokter akan melakukan biopsi untuk menentukan tingkat keparahan atau agresivitas tumor. Kalau tumor bersifat ganas, biasanya benjolan tidak sakit ketika diraba. Selain itu tumor payudara ganas mengalami pertumbuhan yang relatif cepat dan tampak menonjol pada payudara.

3. Kanker metastasis

Kanker metastasis adalah ketika sel-sel kanker dari tumor payudara ganas menyebar ke bagian tubuh, biasanya melalui sistem getah bening dan membentuk tumor sekunder.

Tingkatan tumor

Tingkatan tumor adalah sistem yang digunakan untuk mengklasifikasi tumor atau kanker payudara berdasarkan keparahan mutasi dan kemungkinan penyebarannya. Sel-sel kanker payudara menyerupai sel-sel sehat (disebut dengan tingkat histologis) dan bentuk serta ukuran inti sel tumor (disebut tingkat nuklir) sebagai indikator seberapa cepat sel tersebut membelah dan berkembang biak.

Ketika berhadapan dengan kanker payudara, tumor sering dinilai berdasarkan skala satu hingga tiga yang menunjukkan seberapa agresif sel kanker. Berikut skala tingkatannya:

Kelas rendah (1) : diferensiasi dengan baik
Kelas menengah (2): cukup terdiferensiasi
Tingkat tinggi (3): berdiferensiasi buruk

Ini beberapa penanganan tumor payudara jinak yang dilakukan bila tumor payudara jinak semakin membesar dan menimbulkan nyeri:

1. Bedah Lumpektomi

Lumpektomi merupakan prosedur operasi yang umum dilakukan pada pasien stadium kanker payudara awal dengan tumor tunggal yang berukuran kecil atau sedang. Prosedur ini dilakukan guna untuk mengangkat tumor yang sudah membesar.

2. Bedah Krioterapi

Bedah krioterapi merupakan prosedur bedah yang memanfaatkan nitrogen cair yang dibekukan dengan media jarum untuk menghancurkan jaringan tumor. Terkadang tumor payudara atau benjolan di payudara akan bisa mencul kembali setelah dilakukan pengangkatan tumor. Namun hal ini bukan berarti tumor tersebut ganas, hanya saja tumor jinak yang tumbuh kembali.

Jika terjadi hal ini, sebaiknya periksakan ke dokter secara berkala.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)