Sabtu, 25 Jul 2020 06:26 WIB

Begini Penampakan Ventilator COVENT-20 Buatan FT UI

Rachman Haryanto - detikHealth
Pelaku industri pertambangan di Indonesia ikut mengambil peran dalam upaya mendukung pemerintah dalam menangani pasien COVID-19. Salah satunya adalah menyumbangkan Ventilator Buatan UI ke RS Rujukan. Ventilator COVENT-20 buatan FT UI (Foto: dok. Iluni FT UI)
Jakarta -

Ventilator atau alat bantu pernapasan menjadi salah satu kebutuhan penting dalam merawat pasien virus Corona COVID-19. Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) juga memproduksi alat ini.

COVENT-20 buatan FT UI bekerja dengan memberikan ventilasi tekana positif dengan CMV (Continuous Mandatory Ventilation) untuk pasien yang kesulitan bernapas dan perlu dikontrol dengan mesin.

Alat ini juga dilengkapi dengan mode CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) untuk memberikan oksigen pada pasien yang masih sadar dan bernapas spontan.

Pelaku industri pertambangan di Indonesia ikut mengambil peran dalam upaya mendukung pemerintah dalam menangani pasien COVID-19. Salah satunya adalah menyumbangkan Ventilator Buatan UI ke RS Rujukan.Ventilator Buatan UI ke RS Rujukan. Foto: dok. Iluni FT UI

Manager legal PT Ceria Nugraha Indotama (CNI), Moch Kenny Rochlim, menjamin kualitasnya saat bantuan ventilator tersebut ke Rumah Sakit Benjamin Guluh Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

"Ventilator COVENT-20 ini telah dinyatakan lulus uji klinis manusia untuk mode ventilasi CMV (Continuous Mandatory Ventilation) dan CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) dari Kementerian Kesehatan," kata Kenny.



Simak Video "Pria Ceko Berhenti dari Pekerjaan Demi Produksi Ventilator Terjangkau"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)