Minggu, 26 Jul 2020 17:31 WIB

PMI Siap Bantu Siapkan Relawan untuk Uji Klinis Vaksin Corona dari China

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Ilustrasi vaksin. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sebanyak 2.400 vaksin virus Corona dari perusahaan farmasi China, Sinovac, telah masuk ke Indonesia. Vaksin Corona ini akan menjalani uji klinis fase III yang akan dilakukan oleh PT Bio Farma di Bandung.

Selain Sinovac, ada kandidat vaksin Corona lainnya yang dikembangkan di Indonesia. Lembaga Biologi Molekuler Eijkman dan serta perusahaan farmasi di Indonesia juga tengah mengembangkan vaksin yang disinergikan oleh Kemenristek/BRIN.

Salah satu tantangan dalam proses uji klinis adalah menentukan relawan yang memenuhi syarat untuk uji coba. Palang Merah Indonesia (PMI) disebut bersedia menyiapkan relawan uji klinis.

"Kami tidak ikut dalam proses teknis dan scientific semacam itu. Bila kami ditugasi untuk menjadi bagian dari uji klinis, misalnya menyiapkan relawan untuk uji coba, kami akan lakukan yang terbaik," kata Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said dalam siaran tertulis yang diterima detikcom, Minggu (26/7/2020).

Selain itu, PMI juga disebut berpartisipasi dalam pengembangan vaksin dan obat Covid-19. Pembahasan vaksin tersebut sudah pernah dilakukan melalui diskusi dalam forum-forum kepalangmerahan internasional.

"Kita lakukan untuk membahas perkembangan vaksin dan obat. Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional siap menjadi mitra orotoritas dalam pengembangan vaksin dan obat," tambahnya.

Ia juga mengungkap meski kehadiran dan rencana uji klinis vaksin Corona adalah kabar baik, masyarakat tak boleh lengah engan pencegahan Covid-19 dengan protokol kesehatan. Mengingat semakin hari jumlah penularan Covid-19 makin bertambah.

"Sepanjang obat dan vaksin belum ditemukan dan dilakukan intervensi pencegahan maupun pengobatan, cara terbaik adalah menghindari risiko," pungkasnya.



Simak Video "Vaksin Sinovac Diuji Klinis, Bagaimana Nasib Vaksin Buatan RI?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)