Kamis, 30 Jul 2020 14:08 WIB

Selain Vitamin C, Ternyata Susu & Telur Bisa Jaga Imunitas Tubuh

Inkana Putri - detikHealth
susu dan telur Foto: shutterstock
Jakarta -

Selama pandemi COVID-19, menjaga kesehatan menjadi hal yang sering sekali diimbau baik oleh pemerintah atau pun para ahli kesehatan. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan yakni dengan menerapkan pola makan sehat sehingga imunitas tubuh ikut meningkat.

Sementara itu Vitamin C sering sekali disebut sebagai sumber nutrisi yang bisa meningkatkan imunitas tubuh saat pandemi. Padahal, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem imun salah satunya yakni dengan mengonsumsi susu dan telur.

Medical Doctor dr. Nadia Alaydrus mengatakan susu dan telur memiliki banyak nutrisi bermanfaat yang juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Susu mengandung kalsium, protein, lemak, serta vitamin B1 dan C. Sementara, telur merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh.

"Di dalam susu terdapat kalsium, protein, lemak, dan berbagai vitamin yang lain. Jadi, selain dia memiliki manfaat untuk kepadatan tulang, dia juga punya manfaat untuk menjaga tubuh kita agar selalu fit. Nah, kalau telur itu adalah sumber protein yang bagus, jadi tubuh kita bisa terjaga imunitas tubuhnya dengan mengonsumsi susu dan telur," katanya dikutip dari tayangan 'Bincang Sehat Manfaat Susu dan Telur bagi Imunitas Tubuh', Kamis (23/7/2020).

Lebih lanjut, dr. Nadia menjelaskan mengonsumsi telur sangatlah penting terlebih di tengah pandemi saat ini. Pasalnya, susu dan telur termasuk di dalam pola makan 4 sehat 5 sempurna. Namun, pastikan untuk mengonsumsi keduanya sesuai dengan porsi ideal harian.

"'Jadi, idealnya itu untuk usia 19-50 tahun, konsumsi minimal 200 ml atau satu gelas per hari. Nah, kalau untuk telur menurut American Health Association itu minimal satu butir telur untuk mencukupi kebutuhan satu hari," jelasnya.

Untuk konsumsi harian, dr. Nadia menyarankan agar mengonsumsi keduanya saat perut dalam keadaan kosong agar penyerapannya maksimal. Selain itu, saat mengonsumsi telur sebaiknya pilihlah telur yang telah dipasteurisasi.

"Beberapa ahli mengatakan telur setengah matang itu lebih bagus karena kandungan gizinya tidak banyak terbuang, cuma hati-hati karena terkadang masih ada tertinggal bakteri salmonella . Jadi, kalau mau masak telur setengah matang, pilihlah telur yang sudah dipasteurisasi sehingga bakterinya terbunuh," katanya.

Mengonsumsi susu dan telur memang sangat baik bagi imunitas tubuh, terlebih di tengah pandemi. Namun, bagi yang kurang suka untuk mengonsumi telur dan susu secara langsung, dr. Nadia menyarankan untuk mengonsumsi susu dan telur yang sudah diolah seperti es krim, dessert, dan lainnya.

"Jadi nggak apa-apa kalau kita mengonsumsi produk-produk olahan, kalau kita nggak suka dengan produk -produk yang asli, karena bukan berarti kandungannya hilang sama sekali. Sekarang banyak produk olahan kayak dessert dan yang lain-lain yang mengandung susu dan telur. Jadi, kita tetap konsumsi tapi kita happy, kita satisfied," ungkapnya.

Bahkan, dr. Nadia juga mengatakan selama masa hamil dirinya sering mengonsumsi susu dan telur dalam bentuk produk olahan, yakni es krim.

"Jadi, saya selama hamil itu sering banget nih konsumsi es krim, apalagi pas di trimester tiga saya hampir tiap hari makan es krim," katanya.

Salah satu olahan susu dan telur yang bisa dinikmati adalah AICE Susu Telur yang hadir sebagai inovasi es krim yang menggabungkan susu dan telur dalam satu sajian es krim lezat dan enak. Kandungan susu dan telur di dalamnya membuat AICE Susu Telur sangat cocok sebagai camilan atau dessert bagi anak dan keluarga terutama di masa pandemi COVID-19.

Saat ini, AICE Susu Telur dapat ditemukan dengan mudah di warung terdekat, minimarket, supermarket, dan juga e-commerce. AICE Susu Telur juga tersedia dalam kemasan family pack dengan setiap pembelian 5 pcs dapat mendapatkan satu buah masker gratis. #AiceSusuTelur #EnakdanBaikUntukHarimu

AICEAICE Foto: detikcom


Simak Video "Manfaat Susu dan Telur untuk Tingkatkan Imunitas"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)