Jumat, 31 Jul 2020 12:50 WIB

Mengenal Ciri-ciri Seseorang yang Mengalami Gangguan Fetishism

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Blindfolded woman with red lip on black background Mengenal ciri-ciri orang yang mengalami fetishism. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Belakangan, heboh kasus fetish kain jarik di media sosial. Tidak sedikit yang belum mengerti apa itu fetish dan apa bedanya jika sudah menjadi gangguan fetishism.

Dokter spesialis kedokteran jiwa dr Alvina, SpKJ, dari Primaya Hospital Bekasi Barat menjelaskan fetish adalah objek yang tidak hidup. Berbeda dengan fetishism, yang artinya fantasi, dorongan, atau perilaku yang menggunakan benda mati agar terangsang secara seksual.

"Seseorang dengan fetishism akan berfantasi seksual atau melakukan perilaku seksual misalnya masturbasi dengan menggunakan benda yang tidak hidup sebagai objek untuk menimbulkan rangsangan seksual," kata dr Alvina, melalui rilis yang diterima detikcom pada Jumat (31/7/2020).

"Fetishism sendiri belum tentu gangguan sepanjang tidak menimbulkan distres dan tidak menimbulkan gangguan fungsi. Untuk memenuhi kriteria gangguan jiwa, seseorang dengan fetishism harus mengalami distres yang bermakna dan gangguan fungsi seperti merasa terganggu atau menderita dengan kondisinya. Saat menjadi gangguan, diagnosisnya menjadi gangguan fetihistik," lanjut dr Alvina.

Lalu apa saja kriteria seseorang mengalami gangguan fetishism?

- Memiliki fantasi terhadap objek tidak hidup, benda mati atau bagian tubuh manusia non-genital
- Terjadi secara intens dan berulang
- Fantasi terjadi setidaknya selama 6 bulan
- Mengalami distres atau gangguan pada aktivitas sehari-hari atau pekerjaan

"Saat fetishism sudah menimbulkan distres dan gangguan fungsi, tentu gangguan fetihistik bisa menimbulkan dampak buruk bagi seseorang dengan fetishism misalnya orang tersebut jadi menarik diri dari lingkungan sosialnya karena gangguan fungsi sosial atau tidak bisa bekerja karena gangguan fetihistik-nya," pungkasnya.



Simak Video "Gilang dan Fetish Kain Jarik Hebohkan Twitter, Apa Itu Fetish?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)