Sabtu, 01 Agu 2020 09:22 WIB

Terpopuler Sepekan: DKI Kembali Zona Merah Corona, Ada 90 Klaster Kantor

Firdaus Anwar - detikHealth
Kasus Corona di Indonesia masih jadi sorotan. Dinkes Provinsi DKI Jakarta pun membenarkan data yang tampilkan 68 perkantoran di DKI jadi klaster virus Corona. Virus Corona membayangi perkantoran DKI Jakarta. (Foto ilustras: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Sebagian wilayah DKI Jakarta yang dianggap mulai berhasil menekan kasus virus Corona COVID-19 kembali mengalami peningkatan. Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara yang sebelumnya dikategorikan zona oranye kini disebut oleh juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito kembali jadi zona merah.

Area perkantoran jadi salah satu tempat rawan terjadinya penularan virus. Hingga tanggal 28 Juli Satgas Penanganan COVID-19 mencatat sudah ada 90 kantor yang jadi klaster Corona, melibatkan 459 kasus. Berikut rinciannya:

- Kementerian: 20 klaster, 139 kasus
- Badan/lembaga: 10 klaster, 25 kasus
- Kantor di lingkungan Pemda DKI: 34 klaster, 141 kasus
- Kepolisian: 1 klaster, 4 kasus
- BUMN: 8 klaster, 35 kasus
- Swasta: 14 klaster, 92 kasus

Tim pakar Satgas Penanganan COVID-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan bisa jadi seseorang yang positif virus Corona sudah tertular kala dia berada di rumahnya atau sedang menaiki transportasi umum dari dan ke kantor.

Dewi menyarankan masyarakat yang bekerja di kantor k selalu disiplin akan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, cuci tangan dengan sabun, dan selalu memakai masker. Jika memungkinkan, jendela di kantor disarankan dibuka agar sirkulasi udara lebih baik.

"Kalau ruangan ada ruangan yang jendelanya bisa dibuka, itu dibuka saja. Sirkulasi juga berjalan bagus. Pastikan juga kapasitas kantor jangan padat-padat juga, kalau bisa makanya disarankan 50 persen. Kalau bisa lebih rendah lagi bagus banget, 25 persen misalnya. Maka ini bisa mengurangi risiko penularan di kantor," kata Dewi.



Simak Video "Kasus Corona DKI Jakarta Lebih Tinggi dari 3 Negara Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)