Minggu, 02 Agu 2020 09:32 WIB

Ilmuwan Australia Klaim Vaksin Corona Bakal Tersedia 3-4 Bulan Lagi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Asian Beautiful Doctor Nurse woman in uniform with stethoscope, rubber gloves, mask check syringe injection, portrait , studio lighting dark background four back light flare silhouette copy space Virus Corona COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -

Ilmuwan di Adelaide mengklaim telah menyelesaikan uji coba vaksin Corona COVID-19 fase pertama pada manusia. Sebanyak 40 relawan terlibat dalam uji coba baru-baru ini.

Vaksin yang dinamakan COVAX-19 tersebut menunjukkan tanda-tanda menjanjikan dan diklaim "bisa benar-benar menyelamatkan jiwa". Produsennya mengklaim aman untuk segera digunakan pada manusia.

"Kami punya sesuatu yang kami percaya sudah menunjukkan bahwa ini potensial menyelamatkan nyawa," kata Prof Nikolai Petrovsky, ilmuwan yang memimpin riset vaksin ini, dikutip dari 3AW.

"Data menunjukkan ini sangat efektif, kami hanya perlu menyelesaikan program uji klinis dan mendapatkan persetujuan," jelasnya.

Prof Petrovsky menyebut vaksin ini telah menunjukkan antibodi yang kuat pada hewan uji dan terbukti menginduksi respons antibodi pada manusia. Jika berjalan lancar, ia memperkirakan vaksin tersebut akan tersedia dalam "tiga atau empat bulan."



Simak Video "Vaksin Virus Corona dari China Sudah Masuk ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)