Minggu, 02 Agu 2020 11:25 WIB

Rusia Siapkan Vaksinasi Massal Corona di Oktober, Kelompok Ini Jadi Prioritas

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Ilustrasi vaksin Corona. (Foto: iStock)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Rusia disebut sedang mempersiapkan kampanye vaksinasi massal untuk vaksin virus Corona di bulan Oktober mendatang setelah salah satu institut disebut telah menyelesaikan uji klinis vaksin COVID-19.

Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko mengatakan Gamaleya Institute, sebuah fasilitas penelitian negara di Moskow, telah menyelesaikan uji klinis vaksin dan dokumen sedang dipersiapkan untuk mendaftarkan vaksin Corona yang mereka uji.

The Gamaleya Institute sendiri telah membuat vaksin Corona berbasis adenovirus. Murashko menyebut kelompok pertama yang jadi prioritas untuk divaksinasi adalah dokter dan guru.

"Kami merencanakan vaksinasi yang lebih luas di Oktober," tutur Murashko dikutip dari Reuters.

Sebuah sumber mengatakan bahwa pekan ini vaksin COVID-19 potensial pertama Rusia akan mendapatkan persetujuan pada Agustus untuk kemudian diberikan pada petugas kesehatan.

Kepala Dana Investasi Rusia, Kirill Dmitriev, mengibaratkan keberhasilan Rusia dalam mengembangkan vaksin sama seperti kala Rusia meluncurkan Sputnik 1, satelit pertama di dunia pada tahun 1957.

Meski demikian kecepatan Rusia dalam membuat vaksin banyak dipertanyakan. Tidak sedikit yang menduga percepatan vaksinasi ini hanya untuk prestise negara dan menempatkan keselamatan dan sains di urutan belakang.



Simak Video "Deretan Calon Vaksin Corona yang Hampir Selesai Diuji Klinik"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)