Minggu, 02 Agu 2020 23:27 WIB

3 Keluhan yang Ternyata Cuma karena Tidur Salah Posisi

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
Wake up woman - close up image woman legs in bedroom Foto: iStock
Jakarta -

Lelah setelah beraktivitas seharian membuat Anda mungkin tidak mempedulikan posisi tidur. Di kasur, kadang prioritasnya adalah segera memejamkan mata dan tidur. Tidak banyak yang menyadari bahwa posisi tidur menentukan kesehatan Anda saat bangun tidur.

Ketika salah posisi tidur, tidak jarang saat bangun tidur badan terasa sakit seperti leher, pinggang, dan bahkan kram.

Dikutip dari Thesun, manusia menghabiskan sekitar sepertiga dari hidup untuk tidur. Saat tidur, hampir sepanjang waktu tidak bergerak dan tetap pada posisi awal saat ingin tidur.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika mengalami badan sakit saat bangun tidur?

Dikutip dari Brooklynbedding, berikut beberapa keluhan dan cara mengatasinya:

1. Punggung bawah kaku dan pegal

Jika Anda tidur miring, mungkin Anda perlu memberikan benda tambahan saat ingin tidur. Coba letakkan bantal di bawah lutut ketika untuk menjaga keseimbangan tulang belakang.

Jika Anda tidur tengkurap, penyebab utama sakit punggung saat tidur tengkurap adalah posisi kaki. Cobalah menganjal bantal di bawah perut atau cukup rentangkan kaki Anda agar tulang belakang Anda lebih lurus.

2. Leher sakit dan kaku

Nyeri leher adalah salah satu penyakit paling umum yang dialami beberapa orang di pagi hari. Sama seperti nyeri punggung bawah di pagi hari.

Jika Anda tidur tengkurap, Anda tanpa sadar menempatkan tekanan pada leher. Gunakan bantal untuk menopang tubuh Anda ke posisi samping, yang akan mengurangi ketegangan pada leher dan meningkatkan keselarasan tulang belakang.

Jika Anda tidur terlentang, kemungkinan kepala jatuh dari satu sisi ke sisi lain ketika Anda tidur. Gunakan jenis bantal yang dapat menjaga agar kepala Anda tetap lurus.

3. Tangan dan kaki mati rasa

Sirkulasi yang buruk saat tidur dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, tetapi, terkadang, posisi tidur Anda juga dapat menyebabkan mati rasa pada anggota tubuh.

Jika Anda tidur miring, Coba geser lengan ke depan untuk berbaring di depan wajah Anda.

Jika Anda tidur tengkurap, pastikan lengan tidak berada langsung di bawah kepala. Cobalah letakkan tangan ke samping atau naikkan tangan sejajar dengan kepala.



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)