Senin, 03 Agu 2020 15:30 WIB

Satgas COVID-19 Ungkap 5 Kelompok Berisiko Tinggi Kena Corona, Ini Daftarnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kasus positif corona di Indonesia telah menembus angka 102.051 kasus. Rapid test pun terus dilakukan sebagai upaya memutus penyebaran virus Corona. Satgas COVID-19 RI ungkap beberapa kelompok yang rentan tertular Corona. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Tim pakar satuan tugas COVID-19, Dewi Nur Aisyah, mengungkap ada sejumlah kelompok rentan yang memiliki risiko kematian tinggi apabila terpapar virus Corona.

"Jadi kalau kita melihat ada beberapa kelompok rentan. Kalau dari segi usia, mereka yang terinfeksi covid berusia di atas 60 tahun memiliki fatalitas tertinggi," kata Dewi dalam siaran Youtube BNPB, Senin (3/8/2020).

Selain usia lanjut, berikut adalah kelompok rentan yang berisiko tinggi Corona:

1. Mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah atau autoimun

2. Memiliki kondisi penyerta, seperti gangguan ginjal atau gangguan jantung
3. Obesitas atau BMI lebih dari 40
4. Ibu hamil
5. Usia 60 tahun ke atas

"Ini artinya (COVID-19) bisa menyerang siapapun, termasuk ayah ibu kita, kakek nenek kita, yang mungkin punya kondisi penyerta atau usianya memang sudah lanjut," terangnya.

Berdasarkan data angka kematian COVID-19 yang dilihat dari segi usia, sebanyak 1.969 pasien positif Corona yang berusia di atas 60 tahun meninggal dunia. Kelompok ini memegang porsi tertinggi kematian akibat Corona di Indonesia atau sekitar 16 persen dari total kematian.

Meski fatalitasnya tinggi pada kelompok tersebut, Dewi mengungkap yang paling banyak menularkan COVID-19 adalah mereka yang berusia produktif. Disebutkan juga bahwa kelompok yang paling banyak menyebarkan COVId-19 berada di rentang usia 20-30 tahun.

"Lagi-lagi usia produktif ini yang memang bisa menularkan walaupun mereka jika tertular tidak bergejala. Tapi kalau menularkan ke yang lebih tua bisa berakibat fatal," pungkas Dewi.



Simak Video "Tips Jaga Imunitas Tubuh Agar Tetap Kuat saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)