Senin, 03 Agu 2020 15:45 WIB

Ridwan Kamil Sebut Sudah 500 Orang Daftar Relawan Uji Vaksin Corona

Dony Indra Ramadhan - detikHealth
Female doctor holding a syringe Virus Corona COVID-19 (Foto: thinkstock)
Bandung -

Pemerintah Provinsi Jawa Barat membutuhkan lebih dari seribu relawan vaksin corona buatan Sinovac China. Sampai saat ini, sudah ada sekitar 500 orang relawan.

"Vaksin kita sudah ada pendaftaran. Ada sekitar 500an (relawan) yang sudah terdaftar. Kita butuh 1.100 (relawan) lagi. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada mereka yang usianya cukup, kalau tidak salah minimal 18 tshun sampai maksimal 59 tahun," ucap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin (3/8/2020).

Seperti diketahui vaksin bernama Sinovac ini tengah dipersiapkan untuk disuntikkan kepada relawan. Butuh 1.620 relawan untuk menguji vaksin asal China tersebut.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini juga menyatakan dia dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Jabar siap untuk menjadi relawan vaksin.

"Nah, kami pimpinan sedang merumuskan, jika tidak ada halangan dari unsur kesehatan pribadi maka Forkompimda pun akan menjadi relawan untuk pengetesan vaksin sehingga kalau pimpinannya juga melakukan, maka Insya Allah rakyatnya juga akan meyakini proses vaksin ini berjalan dengan lancar," tuturnya.

Kendati demikian, Emil menyatakan uji vaksin tersebut tetap membutuhkan waktu. Bahkan proses pengetesan bisa dilakukan hingga akhir tahun.

"Baru kalau lancar diberikan kemudahan maka Januari 2021 kita bisa melakukan yang namanya pemberian vaksin ke seluruh rakyat Jabar, sambil menunggu bulan itu tiba maka kedisiplinan memakai masker adalah satu-satunya cara untuk mengurangi persebaran," katanya.



Simak Video "Soal Vaksin Corona Sinovac, Peneliti LIPI Khawatirkan Hal Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)