Senin, 03 Agu 2020 18:41 WIB

Viral Saat Corona Banyak Diragukan, Dokter Wisma Atlet Kisahkan Kesehariannya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Persiapan tenaga medis di RS darurat Wisma Atlet, Jakarta. Keseharian dokter di Wisma Atlet (Foto: Tangkapan layar Twitter)
Jakarta -

Seorang dokter dari Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta, viral di media sosial setelah membagikan aktivitasnya saat bersiap hendak bertugas menangani pasien virus Corona COVID-19. Videonya beredar di tengah banyaknya keraguan tentang bahaya COVID-19.

Diketahui, dokter tersebut bernama Ayuni Rianty. Sudah sekitar satu bulan lamanya Ayuni bertugas sebagai dokter umum di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet.

Sebelum bertugas, Ayuni dan para tenaga medis lainnya wajib mempersiapkan diri, dari menggunakan alat pelindung diri (APD) hingga mengecek apakah APD sudah tertutup dengan rapat atau belum.

"(Selama) 15-20 menit pakai APD. Setelah itu ada tim yang membantu lakban," kata Ayuni saat dihubungi detikcom, Senin (3/8/2020).




Selain itu, Ayuni juga menceritakan bahwa ia harus menggunakan popok selama mengenakan APD. Selama bertugas, para tenaga medis tidak diperkenankan untuk membuka APD, sehingga tidak bisa makan, minum, dan bahkan buang air kecil atau besar.

Hal itu pun ia jalani setiap harinya selama bertugas, yakni 8-9 jam per hari.

"Haus dan lapar masih bisa ditahan, tapi kalau buang air kecil walaupun sudah pakai diapers (popok) nggak bisa keluar. Rasanya nggak enak banget," jelasnya.

Meski dengan beban kerja yang berat, Ayuni mengaku merasa bahagia bisa merawat dan mengobati pasien Corona. Sayangnya, banyak orang di luar sana yang meragukan bahaya Corona dan tidak mematuhi protokol kesehatan.



Simak Video "2 Hal Penting untuk Bantu Tenaga Medis Tidak Terserang Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)